Gugus Tugas: Riwayat Kontak Pasien Positif Baru di Dharmasraya Sedang Dilacak


Ahad, 12 Juli 2020 - 16:19:06 WIB
Gugus Tugas: Riwayat Kontak Pasien Positif Baru di Dharmasraya Sedang Dilacak Ilustrasi

HARIAN HALUAN. COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengkonfirmasi masih melacak riwayat kontak tiga pasien kasus positif baru daerah itu, yang telah diterima hasil uji laboratoriumnya, Minggu (12/07). 

"Dugaan sementara tiga kasus positif ini terjaring dari pelaksanaan swab test yang dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Pilkada Serentak bebas Covid-19 yang dicanangkan pihak pemerintah daerah dengan Komisi Pemilihan Umum setempat, " Kata juru bicara gugus tugas penanganan penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Minggu (12/07). 

Hal itu, lanjutnya, terpantau karena data sampel yang diterima itu sebagian besarnya adalah hasil swab test para petugas pemutakhiran data pemilih dan beberapa warga masyarakat yang terdiri dari ibu hamil dan lain sebagainya. 

Diketahui, lanjutnya, salah satunya memiliki riwayat kontak dengan petugas pemutakhiran asal Jawa Timur dan sebanyak 57 hasil sampel petugas lainnya masih belum keluar.

"Kami akan melakukan swab test ke yang bersangkutan dan jika terbukti positif maka akan dilakukan upaya tracing ke seluruh individu yang memiliki riwayat kontak dengan petugas asal Jawa Timur tersebut, " Jelasnya. 

Sebelumnya, Sempat diproyeksikan berpotensi masuki zona hijau, sebanyak 3 sampel hasil swab test asal Dharmasraya dinyatakan positif oleh pihak Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Minggu (12/07). 

Perkembangan positif virus corona atau Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar), Minggu (12/7), menjadi 800 kasus, setelah ada tambahan 6 orang.

Dalam rilisnya, Penanggung jawab tim penelitian spesimen, Andani Eka Putra, menyebutkan 1.063 spesimen terperiksa masing-masing sebanyak 958 sampel di Laboratorium Unand dan 105 sampel pada Laboratorium Baso Agam, terkonfirmasi tambahan 6 orang warga Sumbar positif terinfeksi virus tersebut. 

"Angka positif dari pemeriksaan spesimen per hari Minggu adalah  0,56%, dengan rincian di Kabupaten Dharmasraya 3 orang, Kota Padang 2 orang, dan Kabupaten Agam 1 orang, " ungkapnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]