Optimalkan Pembangunan Daerah, DPRD Sumbar Kunjungan ke Banten


Ahad, 12 Juli 2020 - 19:56:15 WIB
Optimalkan Pembangunan Daerah, DPRD Sumbar Kunjungan ke Banten Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat bertemu dengan Ketua DPRD Banten.

HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat terus berupaya mencari metode yang tepat untuk mengoptimalkan pembangunan daerah. Diketahui, dalam menanggulangi dampak pandemi Corona (Covid-19), sejumlah dana daerah dialihkan, termasuk anggaran pembangunan infrastruktur.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi mengatakan, demi mengoptimalkan pembangunan daerah pada masa pandemi, DPRD harus menemukan pola penganggaran yang tepat. Persoalan infrastruktur, harus terakomodir dengan optimal. “Sumbar mesti mencari metode yang tepat, salah satunya menambah referensi dari daerah lain,” kata Supardi saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Banten, Rabu (8/7/2020) lalu.

Supardi menjelaskan, secara kelembagaan tujuan Kunker Ke Provinsi Banten terkait tentang strategi dan kebijakan realokasi refocusing anggaran bidang infrastruktur akibat penanganan Covid-19. “Selain hal tersebut, DPRD Provinsi Sumatera Barat juga memperdalam informasi terkait kriteria infrastruktur anggaran yang bisa dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Banten,” tutur Supardi.

Pada kesempatan itu, rombongan DPRD Sumbar terdiri dari Ketua Supardi, Wakil Ketua Suwirpen Suib serta beberapa staf. Pelaksanaan pertemuan dilakukan pada ruang serba guna DPRD Provinsi Banten. Rombongan DPRD Sumbar disambut langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Doni dan juga wakil ketua Fahmi Hakim serta anggota komisi IV lembaga tersebut. 

Supardi melanjutkan, untuk penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat telah melakukan dua kali pergeseran anggaran hingga mencapai Rp500 miliar lebih, pada komposisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dari pergeseran anggaran yang dilakukan, juga diambil dari program pembangunan dan perbaikan infrastruktur. 

Kondisi ini, harus disiasati unsur pemerintah daerah,demi pemulihan ekonomi masyarakat. “Dengan infrastruktur yang memadai roda perekonomian masyarakat akan berjalan optimal, penjualan hasil pertanian hingga UMKM membutuhkan akses yang baik,” tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]