Silaturahmi ke Warga Aliran Sungai Batang Sumpu, Kapolres Sijunjung: Jangan Termakan Hoaks


Ahad, 12 Juli 2020 - 21:50:49 WIB
Silaturahmi ke Warga Aliran Sungai Batang Sumpu, Kapolres Sijunjung: Jangan Termakan Hoaks Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan melaksanakan kunjungan ke Nagari Sumpur Kudus pada Sabtu (11/7/2020) siang.

HARIANHALUAN.COM - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan melaksanakan kunjungan ke Nagari Sumpur Kudus pada Sabtu (11/7/2020) siang. Kedatangan orang nomor satu di Polres Sijunjung ini dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi dengan warga setempat serta menekankan kepada warga supaya jangan mudah terseret isu hoaks, terlebih masa Pilkada yang semakin dekat.

Dalam kunjungan ini, Kapolres beserta beberapa pejabat utama Polres Sijunjung disambut Camat Sumpur Kudus, Wali Nagari se Kecamatan Sumpur Kudus, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda serta bundo kanduang di Sumpur Kudus. Usai penyambutan Kapolres beserta rombongan, Wali Nagari Sumpur Kudus Sarijal, S.A dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kapolres.

Dikatakannya, dalam laporan awalnya bahwa nagari aliran Sumpu terdiri dari Nagari Sumpur Kudus, Nagari Silantai, Nagari Unggan dan Nagari Mangganti. Yang terjadi sekarang ini adalah kenakalan dan kriminalitas yang sangat tinggi. Sehingga pihaknya berharap adanya anggota kepolisian berada di Nagari tersebut. 

“Kami bermohon kepada Kapolres untuk menempatkan personilnya dan agar kami dibuatkan Pos Polisi dalam rangka mengantisipasi kriminalitas dan gangguan Kamtibmas lainnya. Pos polisi tersebut akan dibangun di Nagari Sumpur Kudus,” katanya.

Di akhir kegiatan, Kapolres Sijunjung menyampaikan pesan-pesan kamtibmas di sela kunjungan kerjanya. AKBP Andry menyebut bahwa situasi Kamtibmas adalah merupakan tanggung jawab bersama. “Walaupun Polri merupakan leading sektor dan ujung tombak antisipasi keamanan dalam negeri, namun tanpa ada bantuan bersama kamtibmas tidak akan terkendali,” ucap Kapolres. 

Unsur persatuan ninik mamak dan tokoh masyarakat masih terjalin dengan baik merupakan modal dasar dalam rangka menjamin kerukunan antara masyarakat. “Dengan hidupnya ketokohan ini sangat baik dalam rangka antisisi konflik sosial dan tapal batas dikarenakan nagari berbatas dengan daerah atau Kecamatan di luar Sijunjung,” imbuhnya. 

Kemudian, AKBP Andry Kurniawan juga menitipkan Bhabinkantibmasnya agar diperdayakan untuk menangani kasus-kasus yang terjadi. “Terhadap warga ada yang melanggar hukum jangan sekali-kali main hakim sendiri dan ada masalah diadakan musyawarah dengan FKPM, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di masing-masing Nagari,” sebutnya.

Terhadap isu ilegal logging yang berdampak pada musibah bencana alam, dirinya berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama melakukan penghijauan kembali dengan menanam pohon. Sehingga dapat mengantisipasi banjir dan longsor pada musim hujan. Terakhir kata Kapolres, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di bulan Desember 2020 mendatang, dia mengimbau masyarakat untuk bersama mensukseskanya. “Hindari isu yang belum tentu kebenarannya (hoaks)," tutup mantan Kapolres Pariaman ini. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Juli 2020 - 17:38:16 WIB

    IKWI Sumbar Gelar Silaturahmi Anggota dan Rancang Berbagai Program Kerja Tahun 2020

    IKWI Sumbar Gelar Silaturahmi Anggota dan Rancang Berbagai Program Kerja Tahun 2020 HARIANHALUAN.COM – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sumbar, menggelar silaturahmi akhir pekan lalu, di Bakmi DKI, Jl. Sawahan Padang. Kegiatan yang dihadiri sekitar 25 anggota dan pengurus IKWI Sumbar tersebut, ber.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 17:40:48 WIB

    TMMD Pasbar Akan Dimulai, Dandim 0305 Pasaman Silaturahmi dengan Pers

    TMMD Pasbar Akan Dimulai, Dandim 0305 Pasaman Silaturahmi dengan Pers PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM - Pada hari Senin esok (16/03), kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa/TMMD akan dibuka secara resmi. Pembukaan tersebut dipusatkan pelaksanaannya di Jorong Paraman Sawah, Kecamatan Ranah Batahan y.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 13:32:27 WIB

    KONI Dharmasraya Silaturahmi ke Dinas Parbudpora

    KONI Dharmasraya Silaturahmi ke Dinas Parbudpora DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Ketua KONI Dharmasraya H Eri Antoni berserta jajarannya, sambangi Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Parbudpora), Selasa (14/01), di Pulau Punjung. Kedatangan Pengurus KONI Kabupaten.
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 22:08:05 WIB

    Kodim 0311 Pessel Pererat Silaturahmi dengan Wartawan

    Kodim 0311 Pessel Pererat Silaturahmi dengan Wartawan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan menggelar silaturahmi dengan para awak media di rumah makan tepi pantai Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Kamis (9/1)..
  • Ahad, 22 Desember 2019 - 21:54:36 WIB

    Silaturahmi Pasukuan Tanjung Matua Mudiak, Hadirkan 'Ciloteh' Mak Katik

    Silaturahmi Pasukuan Tanjung Matua Mudiak, Hadirkan 'Ciloteh' Mak Katik MATUA,HARIANHALUAN.COM- 'Ciloteh' pakar adat dan sara'  Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto alias Mak Katik, memukau hadirin  peserta Silaturahmi Pasukuan  Tanjuang yang diselenggarakan oleh Kerapatan  Adat Nagari (KAN) M.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]