Nyari Ribut Nih, China Klaim Batik Tradisi Leluhurnya


Senin, 13 Juli 2020 - 07:39:43 WIB
Nyari Ribut Nih, China Klaim Batik Tradisi Leluhurnya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kehebohan terjadi pada Minggu (12/7/2020). Saat itu, media China Xihua News memuat berita terkait batik.

Yang membuat gempar adalah, captions yang dipakai media pemerintah China itu. Di mana disebutkan bahwa batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China dan sudah ada di negara itu sejak lama.

"Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina," tulis media itu di Twitternya, @XHNews.

Positingan itu juga disertai video berdurasi 49 detik. Isinya adalah proses pembuatan batik.

"Batik adalah kerajinan tradisional China. Ini biasanya digunakan oleh kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern," bunyi tulisan dalam video itu.

Postingan media itu pun langsung ramai dipenuhi tanggapan. Selama sekitar satu jam sejak diposting, sudah ada 40 kali retweet dan 106 suka dalam postingan.

Ada sekitar 20 komentar dari pengguna internet (netizen) di postingan itu, termasuk dari netizen Indonesia. "@XHNews Batik berasal dari Jawa Indonesia dan tersebar di seluruh Asia termasuk India dan China, jangan memutar balik fakta seolah-olah seni ini berasal dari China. Itu dari zaman kuno DITIRU oleh China," tulis akun @ srinidhi24.



"@XHNews Hah? Batik adalah sesuatu yang identik dengan Malaysia/ Indonesia," timpal pengguna Twitter @PhaniPrasad.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]