Polemik Banjir Kota Padang, Fraksi PDIP-PKB: Anggaran Minim Jangan jadi Alasan Perbaikan Drainase


Senin, 13 Juli 2020 - 11:13:29 WIB
Polemik Banjir Kota Padang, Fraksi PDIP-PKB: Anggaran Minim Jangan jadi Alasan Perbaikan Drainase Albert Hendra Lukman

HARIANHALUAN.COM - Banjir merupakan persoalan rutin yang dihadapi Kota Padang sejak gempa bumi yang melanda 2009 silam. Gempa tersebut tidak hanya merusak bangunan, namun sistem drainase yang ada di daerah tersebut ikut terganggu.

Ketua Fraksi PDIP-PKB DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman mengatakan bangunan yang rusak jelas terlihat oleh mata, namun jika drainase rusak tentu tidak terlihat kecuali terjadi hujan deras dan menyebabkan banjir.

“Pemkot Padang harus mencari solusi dari persoalan ini dan jangan selalu beralasan minimnya anggaran perbaikan dan perawatan sistem drainase,” kata Albert pekan lalu.

Walaupun banyak proyek besar irigasi yang dilakukan, tentu tidak akan berpengaruh jika sistem drainase rusak dan ditambah hulu sungai terjadi pembalakan liar sehingga hujan deras membuat kota ini banjir. Albert melanjutkan 2014 silam sudah pernah menyalurkan anggaran melalui pokok pikiran untuk perbaikan drainase di kawasan Pondok namun pengerjaannya tidak sesuai.

Saat itu dilakukan pengerukan sedimen di saluran air namun sedimen tersebut tidak langsung diangkut malah diletakkan di pinggir jalan. “Saya tidak mengerti apakah itu teknisnya harus dijemur dulu, harusnya langsung diangkut agar tidak masuk lagi ke dalam saluran air,” katanya.

Setelah itu, Pemkot Padang harus mampu membuat perencanaan matang, orang dulu melihat sistem penanggalan untuk meminimalkan terjadinya banjir. Ketika musim kemarau mereka bersiap memperbaiki sistem saluran air sehingga sewaktu musim hujan tidak terjadi banjir yang parah. “Saat ini kemajuan teknologi cukup tinggi dan perencanaan yang matang akan membuat penanganan banjir dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Sebelumnya, sejumlah lokasi di Kota Padang mengalami banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bingkuang ini sejak Rabu (8/7/2020) siang. Banjir tidak hanya terjadi di kawasan pemukiman penduduk namun juga jalan raya dan menghambat jalur transportasi. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]