Trump Sebut Hubungan AS dengan China Sudah Rusak Parah


Senin, 13 Juli 2020 - 12:04:32 WIB
Trump Sebut Hubungan AS dengan China Sudah Rusak Parah Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa hubungan dengan China sudah rusak parah. Oleh karenanya, saat ini dia tidak mempertimbangkan lagi kesepakatan perdagangan fase dua dengan China pada saat ini.

"Saya tidak memikirkannya sekarang," kata Trump kepada wartawan ketika ditanya tentang kemungkinan putaran kedua dari perjanjian perdagangan.

Mengutip Anadolu Agency, pernyataan ini diajukan wartawan saat Trump berada di atas Air Force One dalam perjalanan ke Florida untuk kunjungan ke US Southern Command.

"Hubungan dengan China telah rusak parah," katanya. "Mereka bisa menghentikan wabah, mereka bisa menghentikannya, mereka tidak menghentikannya. Mereka menghentikannya untuk menyebar ke bagian-bagian sisa China dari provinsi Wuhan."

"Jujur, saya punya banyak hal lain dalam pikiran saya," tambah Trump seperti yang dilansir dari Anadolu Agency.

AS dan China menandatangani perjanjian perdagangan fase pertama pertengahan Januari, yang menandai tonggak utama dalam perang dagang lebih dari dua tahun antara dua negara.

Setelah wabah virus corona, hubungan antara kedua negara telah memburuk dan Trump menuduh Beijing membiarkan penyebaran virus, yang berasal dari Wuhan, China.

Menurut penghitungan yang dilakukan oleh Universitas Johns Hopkins, AS adalah negara yang paling parah dilanda pandemi dengan lebih dari 3,1 juta kasus dan lebih dari 133.500 kematian. Secara keseluruhan, lebih dari 969.100 pasein yang telah pulih dari virus ini. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:23:56 WIB

    Michelle Obama Alami Depresi, Gara-gara Donald Trump?

    Michelle Obama Alami Depresi, Gara-gara Donald Trump? HARIANHALUAN.COM - Mantan ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama mengalami masalah tidur belakangan ini. Dia kerap terbangun pada tengah malam karena merasakan kekhawatiran atau perasaaan yang berat..
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:44:48 WIB

    Warga AS Siap-siap Kecewa, Donald Trump Segera Haramkan TikTok!

    Warga AS Siap-siap Kecewa, Donald Trump Segera Haramkan TikTok! HARIANHALUAN.COM - Warga Amerika sepertinya dalam waktu dekat ini bakalan tak bisa lagi menikmati aplikasi tiktok. Pasalnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan akan menandatangani perintah untuk melarang aplikas.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 10:38:49 WIB

    Khawatir Dipakai Intelijen China, Trump Akan Larang Aplikasi TikTok

    Khawatir Dipakai Intelijen China, Trump Akan Larang Aplikasi TikTok HARIANHALUAN.COM - Hari ini Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana menandatangani perintah eksekutif untuk melarang aplikasi video singkat milik China, TikTok, di AS. Otoritas AS khawatir TikTok akan digunakan o.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:17:58 WIB

    Trump Usul Tunda Pilpres, Petinggi Partai Republik Menolak

    Trump Usul Tunda Pilpres, Petinggi Partai Republik Menolak HARIANHALUAN.COM - Presiden Donald Trump mengusulkan untuk menunda pemilihan umum presiden AS 2020 karena khawatir akan terjadi peluang kecurangan. Namun, sejumlah petinggi Partai Republik Amerika Serikat menolak usulan terse.
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 18:37:48 WIB

    Trump Mendadak Mau Kerja Sama dengan China Terkait Vaksin Covid-19, kok Bisa?

    Trump Mendadak Mau Kerja Sama dengan China Terkait Vaksin Covid-19, kok Bisa? HARIANHALUAN.COM - Tak disangka, akhirnya Presiden AS Donald Trump mau melunak dengan China. Bahkan pada Selasa (21/7/2020) kemarin, dia menyatakan keinginannya untuk bekerja sama dengan China atau negara lain sehingga memung.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]