Ditangkap karena Kritik Xi Jinping Soal Pandemi, Profesor China Akhirnya Dibebaskan


Senin, 13 Juli 2020 - 14:36:56 WIB
Ditangkap karena Kritik Xi Jinping Soal Pandemi, Profesor China Akhirnya Dibebaskan Presiden China Xi Jinping

BEIJING, HARIANHALUAN.COM - Seorang akademisi China yang menulis esai kritik atas pandemi penanganan pandemi virus Corona dan sensor Presiden Xi Jinping telah dibebaskan. Dia hampir seminggu ditahan atas sebuah tuduhan.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (13/7/2020) Xu Zhangrun, seorang profesor hukum di Universitas Tsinghua yang dikenal bergengsi di Beijing, dibawa dari rumahnya di Beijing oleh 20 orang lebih pada 6 Juli lalu. Penangkapan ini diungkap oleh rekannya.

Namun, dia sudah kembali ke rumah pada hari Minggu (12/7) dan baik-baik saja. Hal ini dikonfirmasi oleh dua temannya yang enggan disebutkan namanya.

Dalam sebuah esai yang diterbitkan di situs web luar negeri, Xu menulis bahwa sistem kepemimpinan di bawah Xi - pemimpin China yang paling kuat sejak Mao Zedong - "menghancurkan struktur pemerintahan".

Dia mengatakan kurangnya keterbukaan berkontribusi pada merebaknya virus Corona, yang pertama kali muncul di China akhir tahun lalu dan akhirnya menyebar secara global.

Seorang teman Xu mengatakan kepada AFP pada 6 Juli, bahwa seorang pria yang mengaku sebagai polisi menelepon istri profesor itu untuk mengatakan bahwa dia telah ditangkap karena diduga meminta pelacur, yang oleh temannya itu dianggap sebagai tuduhan "konyol dan tidak tahu malu".

Temannya menjelaskan, Xu dijatuhi hukuman tahanan rumah seminggu sebelum ditahan.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:18:21 WIB

    Dituding Menyamar Jadi Peneliti, 3 Tentara China Ditangkap FBI

    Dituding Menyamar Jadi Peneliti, 3 Tentara China Ditangkap FBI HARIANHALUAN.COM - Tiga warga negara China ditangkap FBI (Biro Investigasi Federal) Amerika Serikat (AS). Ketiganya dituduh atas perbuatan penipuan visa. Aksi penangkapan ini dikonfirmasi Departemen Kehakiman setelah Amerika .
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 17:12:43 WIB

    Waduh, 52 Orang Ditangkap karena Sholat Jumat di Masjid

    Waduh, 52 Orang Ditangkap karena Sholat Jumat di Masjid HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 52 orang di Kota Kairana, Distrik Shamli, Negara Bagian Uttar Pradesh, India, ditangkap karena berkumpul di sebuah masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat. Peristiwa itu terjadi pada Jumat 26 Juni 2.
  • Senin, 16 Maret 2020 - 10:58:28 WIB

    Begini Yunani! Baru 4 Pasien Corona Meninggal, Puluhan Penolak Lockdown Ditangkap

    Begini Yunani! Baru 4 Pasien Corona Meninggal, Puluhan Penolak Lockdown Ditangkap ATHENA, HARIANHALUAN.COM-Yunani mengumumkan satu kematian baru akibat virus korona baru, sehingga  jumlah korban meninggal akibat corona  menjadi empat orang. Pemerintah Yunani ketat melakukan lockdown. Polisi menangkap se.
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 18:56:25 WIB

    Ikan Kerapu 158 Kg Berusia 50 Tahun Berhasil Ditangkap!

    Ikan Kerapu 158 Kg Berusia 50 Tahun Berhasil Ditangkap! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ikan kerapu seberat 158 kg ditemukan di perairan Florida. Usia dari ikan kerapu diprediksi sudah mencapai 50 tahun lebih..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:40:47 WIB

    Perkosa 3 Kakak Beradik, WNI Ditangkap di Malaysia

    Perkosa 3 Kakak Beradik, WNI Ditangkap di Malaysia KUALA LUMPUR, HARIANHALUAN.COM - Anggota kepolisian Malaysia menangkap seorang lelaki Indonesia berusia 24 tahun karena disangka memperkosa di wilayah Beluran, Sabah. Korbannya adalah tiga kakak beradik berusia tujuh hingga 1.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]