Temuan Baru, BPTP Sumbar Sosialisakan Tanaman Ekaliptus Sebagai Anti Virus Covid-19


Senin, 13 Juli 2020 - 15:20:03 WIB
Temuan Baru, BPTP Sumbar Sosialisakan Tanaman Ekaliptus Sebagai Anti Virus Covid-19 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar turut mensosialisasikan temuan baru tentang tanaman ekaliptus (eucalyptus).

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar turut mensosialisasikan temuan baru tentang tanaman ekaliptus (eucalyptus) sebagai tanaman pencegah Covid-19 kepada pemerintah daerah di Sumatera Barat.

Kunjungan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar Jekvy Hendra, bersama jajarannya ke Kabupaten Tanah Datar, Senin (13/7), disambut Sekda Irwandi, asisten bupati dan beberapa kepala OPD.

Kepala BPTP Jekvy mengatakan, ia bersama jajarannya diminta untuk menyampaikan tentang ekaliptus kepada jajaran pemerintah daerah sehingga bisa disampaikan juga kepada masyarakat.

“Ekaliptus ini dari hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Batlitbangtan), mampu mematikan virus Corona dan dijadikan antivirus,” ujarnya.

Dikatakan, ekaliptus bukan dijadikan serum namun dikemas dalam bentuk kalung, inhaler, roll on, salep, hingga difuser.

“Produk Kementan ini untuk menjadi tameng atau perisai terhadap penyebaran virus corona yang diketahui menyebar melalui droplet atau percikan. Aroma terapi dari ekaliptus inilah yang mampu membunuh virus Corona sampai 80 persen, ketika dipakai selama 30 menit. Kedepannya akan dikembangkan lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, Sekda Irwandi juga menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan tersebut. "Banyak informasi dan masukan yang diperoleh untuk kemajuan Tanah Datar ke depan khususnya bidang pertanian. Perihal ekaliptus menjadi bahan pengetahuan bagi kita semua dan tentu akan disampaikan kepada masyarakat melalui media informasi. Dan untuk perihal program inovasi tentu ini menjadi catatan khusus terutama bagi OPD terkait untuk bisa digiatkan lagi, dan tentunya disesuaikan juga dengan anggaran yang tersedia,” katanya.

BPTP saat itu menyerahkan kalung anti virus corona produk Kementan kepada Sekda Irwandi. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Oktober 2016 - 12:45:26 WIB

    LPM Kampung Manggis Gelar pertemuan bersama Kapolres dan Walikota

    LPM Kampung Manggis Gelar pertemuan bersama Kapolres dan Walikota PADANG PANJANG, HALUAN—Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kampung Maggis beserta perangkat Kelurahan Kampung Manggis, Niniak Mamak, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat setempat menggelar pertemuan terbuka dengan Kapolres Pad.
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 03:42:15 WIB

    Bundo Kanduang Gelar Pertemuan Bulanan

    BUKITTINGGI, HALUAN — Bundo Kan­duang di Minangkabau memiliki peran yang sangat strategis disegala bidang, terutama dalam melahirkan generasi muda masa depan yang memahami dan menjalankan Adat Basandi Syarak, Sayarak Basan.
  • Selasa, 01 Maret 2016 - 11:10:42 WIB

    Pemko Gelar Pertemuan dengan Mubalig

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Targetkan pencapaian visi kota religius, Pemerintah Sawahlunto menggelar per­temuan dengan seratusan tokoh adat dan agama..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:59:33 WIB

    DWP Gelar Pertemuan Bulanan dengan Walikota

    BUKITTINGGI, HALUAN — Untuk meningkatkan jalinan silaturahmi, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bukittinggi melakukan pertemu­an bu­lanan di Aula DPKAD Bukittinggi, Rabu (23/02)..
  • Selasa, 02 Februari 2016 - 02:38:58 WIB

    PKK, GOW dan DW se Sumbar Gelar Pertemuan Bulanan

    AROSUKA, HALUAN—Keberhasilan pelaksanaan program kegiatan Tim Penggerak PKK dan gabungan Or­ganisasi Wanita (GOW) sejatinya sangat bertumpu kepada keseriusan dan kemampuan para pengurus dalam menjalankan tugas sesuai denga.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]