Jangan Abai saat Naik Motor Matik, Begini Posisi Duduk yang Benar


Senin, 13 Juli 2020 - 16:34:19 WIB
Jangan Abai saat Naik Motor Matik, Begini Posisi Duduk yang Benar Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM – Meski skuter matik merupakan jenis kendaraan yang terlihat mudah dikendarai, namun tak sedikit pengendara yang belum memahami cara mengendarainya dengan benar, salah satunya mengenai posisi duduk.

Sayangnya, saat mengoperasikan skutik, pengendara tak bisa sekadar asal duduk. Selain bisa memicu kelelahan, posisi duduk yang salah juga bisa mengancam keselamatan, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Lantas, bagaimana kira-kira posisi tubuh yang benar selama mengendarai skuter matik? Pertama dan yang terpenting, keseluruhan kaki harus berada di dalam dek, dan posisi lutut tidak boleh keluar dari sayap sepeda motor. Tujuannya, agar tak terjadi gesekan dengan kendaraan lain yang melintas dari arah kedua sisi.

“Jadi, posisi paha, lutut hingga kaki harus sejajar, dan disarankan tidak keluar dari bodi depan,” tulis laman Federal Oil, dikutip Senin 13 Juli 2020.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan ialah cara menggenggam stang kendali. Posisi lengan pengendara tidak boleh terlalu lurus, tetapi harus agak membengkok dan membentuk suatu sudut. Sebab dengan demikian, lengan bisa bertindak sebagai organ ayun atau suspensi saat melakukan pengereman.

Terakhir, pundak sang pengendara juga harus dalam kondisi santai atau rileks. Sebab jika terlalu tegang, pengendara akan cepat mengalami keletihan dan refleks spontannya menjadi kurang baik. (*)

 Sumber : 100KJP.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]