OTG Covid-19 Bisa Sembuh Tanpa Obat, Tapi..


Senin, 13 Juli 2020 - 16:41:37 WIB
OTG Covid-19 Bisa Sembuh Tanpa Obat, Tapi.. Ilustrasi virus corona. Foto: pixabay

HARIANHALUAN.COM – Orang Tanpa Gejala (OTG) merupakan kelompok yang cukup banyak dalam kasus virus corona atau COVID-19. Kelompok OTG ini sangat sulit dideteksi, lantaran pasien merasa sehat dan fit padahal dapat menularkan virus corona kepada orang lain di sekitarnya.

"50 persen OTG, 30 persennya gejala ringan dan 20 persen dengan gejala berat," ujar ahli farmakologi, Prof dr. Taruna Ikrar MPharm, MD, PhD, dalam acara virtual Ngopi Pagi, Rakyat Merdeka, Senin, 13 Juli 2020.

Peneliti Obat dan Vaksin di ASGCT, US ini mengklaim bahwa 50 persen OTG tersebut yang mampu memindahkan penyakit dengan tanpa disadari. Terlebih, banyak OTG yang bisa sembuh sendiri tanpa obat yang dikonsumsi untuk membasmi virus tersebut.

"50 persen ini memindahkan (virus). Tanpa gejala disebabkan, saat imunitas tubuh kuat dan sel-sel virus tidak hantam sel tubuhnya sehingga reaksi peradangan itu tidak terjadi. Bisa sembuh sendiri tanpa obat," paparnya.

Lebih lanjut, Prof Taruna mengingatkan bahwa sebagian dari OTG ini dapat mengalami gejala dalam beberapa hari ke depan. Itu artinya, imunitas tubuh sudah menurun serta virus yang semakin menguat.

Prof Taruna juga memaparkan, dalam sebuah jurnal tercatat bahwa OTG tak terdeteksi, bahkan usai dites usap hidung dan mulut. Namun, virus baru terdeteksi saat dites di sumsum tulang belakang.

"Artinya virus ini pintar untuk bertahan hidup. Jadi konsekuensinya (OTG), bisa warning ke tahap berikutnya (gejala ringan atau berat). Dipastikan bisa menularkan," kata dia. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 18:36:52 WIB

    Hanya Dalam Waktu 60 Detik, OTG Bisa Tularkan Covid-19 ke Puluhan Orang

    Hanya Dalam Waktu 60 Detik, OTG Bisa Tularkan Covid-19 ke Puluhan Orang HARIANHALUAN.COM - Seorang perempuan di China diketahui menularkan virus corona pada puluhan orang lainnya hanya dalam waktu 60 detik ketika berada di lift. Peristiwa ini terjadi di Provinsi Heilongjiang, China, pada perteng.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 14:16:05 WIB

    Waspada, 80 Persen Pasien Corona Usia Remaja adalah OTG

    Waspada, 80 Persen Pasien Corona Usia Remaja adalah OTG HARIANHALUAN.COM - Sebuah studi baru memperlihatkan lebih dari 80 persen orang di bawah usia 20 tahun kemungkinan tidak menunjukkan gejala tertular SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 atau termasuk dalam kelompok Orang Tanpa .
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:02:35 WIB

    Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19

    Jangan Anggap Sepele, Paru-paru OTG Bisa Rusak akibat Covid-19 HARIANHALUAN.COM – Virus corona atau COVID-19 bermanifestasi berbeda pada berbagai pasien. Beberapa mungkin hanya menderita penyakit ringan. Yang lain lebih buruk, karena mereka berjuang dengan penyakit yang lebih parah..
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 12:29:08 WIB

    Ini Tiga Kelompok OTG Covid-19 yang Perlu Diketahui

    Ini Tiga Kelompok OTG Covid-19 yang Perlu Diketahui JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dokter Paru Rumah Sakit Persahabatan Andika Chandra Putra mengklasifikasi tiga kelompok orang tanpa gejala (OTG) yang perlu masyarakat ketahui untuk bisa melakukan tindakan pencegahan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]