Cuaca Ekstrim, Masyarakat Pasbar Diimbau Waspada Bencana


Senin, 13 Juli 2020 - 17:57:18 WIB
Cuaca Ekstrim, Masyarakat Pasbar Diimbau Waspada Bencana Kepala BPBD Pasbar, Edi Busti.

HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengimbau kepada seluruh masyarakat Pasbar terlebih bagi yang berada di daerah pegunungan dan disepanjang aliran sungai agar berhati-hati dan selalu waspada terkait cuaca ekstrim dan tingginya curah hujan yang mengguyur Pasbar beberapa hari belakangan ini.

Kepala BPBD Pasbar, Edi Busti kepada awak media, Senin (13/7/2020) diruang kerjanya mengatakan, cuaca di Pasbar dalam beberapa hari belakangan ini memang tidak menentu, hujan datangnya secara tiba-tiba dengan tingkat curah yang cukup tinggi.

"Beberapa hari belakangan ini cuaca di Pasbar tidak menentu dan tidak dapat di prediksi. hujan datang secara tiba-tiba, padahal sebelumnya kondisi cuaca dalam keadaan cerah dan panas, terlebih pada siang hari sampai malam," ujar Edi Busti.

Melihat tingginya curah hujan dan cuaca yang tidak menentu tersebut, ia menghimbau kepada masyarakat Pasbar agar selalu berhati-hati dan waspada, terlebih bagi masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana seperti yang tinggal di daerah pegunungan, perbukitan dan ditepi aliran sungai.

"Selain itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar menghindari beraktifitas ditempat-tempat rawan seperti, dibawah pohon dan sebagainya yang rentan roboh akibat tiupan angin dan hujan" ujarnya.

Selanjutnya ia mengimbau untuk mengontrol anggota keluarga terlebih anak-anak untuk tidak bermain diluar rumah saat hujan dan angin kencang, serta membersihkan sanitasi perumahan untuk menghindari tersumbatnya aliran air hujan yang bisa menyebabkan terjadinya banjir.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H Sahputra, SH kepada haluan mengatakan, curah hujan di Pasbar dalam beberapa hari ini memang sangat tinggi, dan diharapkan agar masyarakat dapat berhati-hati dan waspada terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

"Curah hujan hingga saat ini masih tinggi, yang tentunya bisa saja membuat aliran sungai meluap dan terjadinya longsor dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, sehingga kita harapkan masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada," ujar Decky.

Apalagi beberapa daerah yang selama ini rentan terjadi bencana banjir dan longsor seperti, kecamatan Talamau, kecamatan Pasaman dan kecamatan Gunung Tuleh, dan beberapa kecamatan lainnya karena berada didaerah pegunungan dan dataran rendah.

"Bagi masyarakat yang berada di daerah pegunungan, perbukitan dan yang berdomisili disepanjang aliran sungai, diharapkan agar selalu waspada. apabila sudah melihat adanya tanda-tanda akan datangnya bencana seperti, meningkatnya debit air sungai harap segera menuju ketempat yang di anggap aman dan melaporkannya kepada kelompok siaga bencan kecamatan atau langsung menghubungi BPBD," harapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, meskipun bencana tidak pernah diharapkan, namun BPBD Pasbar selalu siap siaga apabila sewaktu-waktu bencana datang, mengingat banyaknya titik daerah yang rawan bencana di Pasbar. (*)

loading...
Reporter : Muhammad Fadli /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 16:29:51 WIB

    Terhalang Cuaca Buruk, Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di Pasaman

    Terhalang Cuaca Buruk, Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di Pasaman HARIANHALUAN.COM - Terhalang cuaca buruk yang tiba-tiba menutupi langit Kota Lubuksikaping Pasaman, Sumatera Barat, fase fenomena Gerhana Matahari Cincin yang melintasi daerah itu tidak bisa diamati secara langsung. .
  • Kamis, 15 Juni 2017 - 10:35:06 WIB

    Cuaca Ekstrim di Sawahlunto, Satu Rumah Hancur Ditimpa Pohon

    Cuaca Ekstrim di Sawahlunto, Satu Rumah Hancur Ditimpa Pohon SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Satu rumah semi permanen di Kampung Teleng, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto terbelah menjadi dua akibat ditimpa oleh pohon yang tumbang. Pohon Bayua yang menimpa rumah A.
  • Rabu, 04 Januari 2017 - 12:19:39 WIB

    Cuaca Ekstrim Juga Rusak Rumah Warga di Tanah Datar

    Cuaca Ekstrim Juga Rusak Rumah Warga di Tanah Datar BATUSANGKR,HALUAN – Cuaca ekstrim yang terjadi sepanjang Selasa (3/1) malam juga berakibat kerusakan di daerah lain selain di Padang. Jika di Padang atap rumah warga di Berok Nipah, Kecamatan Padang Selatan beterbangan, h.
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 21:49:16 WIB

    PMI Pasbar :Masyarakat Harus Waspada Cuaca Ekstrim

    PMI Pasbar :Masyarakat Harus Waspada Cuaca Ekstrim PASBAR,HALUAN--Menghadapi cuaca ekstrim yang tengah melanda Indonesia, khususnya Pasaman Barat di mana akhir-akhir ini terus terjadi hujan disertai badai, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Pasbar, Hj.Yunisra,SP.d .
  • Jumat, 02 September 2016 - 02:55:45 WIB

    Cuaca Ekstrem Landa Pasaman

    Cuaca Ekstrem Landa Pasaman PASAMAN, HALUAN — Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kabu­paten Pasaman, meminta ma­sya­rakat setempat mening­katkan kewasapadaan, menyu­sul cuaca buruký berupa hujan lebat, disertai petir dan angin kencang .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]