Masuk Zona Hijau, Siswa SMP di Pasbar Mulai Sekolah


Senin, 13 Juli 2020 - 18:04:36 WIB
Masuk Zona Hijau, Siswa SMP di Pasbar Mulai Sekolah Ist

HARIANHALUAN.COM - Setelah berstatus zona hijau, Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun ajaran baru tingkat SLTP sederajat di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah dimulai dengan mempedomani protokol covid-19. Senin (13/7/2020).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pasaman, Pulmen Evida kepada wartawan mengatakan, hari pertama PBM tatap muka ini hanya diikuti oleh siswa baru atau siswa kelas satu saja. Sementara untuk menghindari penyebaran covid-19, pihak sekolah telah membuat aturan yang harus dipatuhi oleh para siswa dan guru sesuai dengan protokol covid-19.

"Hari pertama PBM ini para siswa dan guru harus tetap manaati protokol kesehatan seperti, menghindari kerumunan, memberikan jarak antara siswa dalam kelas dengan jumlah 16 orang siswa per kelasnya," ungkap Pulmen Evida.

Pulmen Evida menambahkan, pihak sekolah juga sudah menyediakan tempat cuci tangan di setiap kelas dan memberikan pemahaman kepada guru. Selama PBM, siswa hanya berada di lokal dan saat jam istirahat tidak diberikan waktu ke luar ruangan. Bahkan, sekolah meminta anak Mambawa bekal sendiri karena kantin di tutup.

"Selain harus menaati aturan didalam dan diluar kelas, Jam pelajaran juga di perpendek, agar siswa bisa pulang lebih cepat dan tidak bosan," ujarnya.

Sementara itu, untuk siswa kelas dua dan tiga akan belajar secara bergantian setiap harinya. Saat berada di rumah, siswa belajar secara daring dan luring atau tugas dari guru masing masing. Metode belajar secara bergantian ini diharapkan mampu mengisi waktu siswa.

"Kita akan mengatur jadwal masuk para siswa dengan mengatur hari masuk bagi kelas satu, dua dan tiga. Hal itu agar tidak mengumpulkan siswa dalam hari yang sama," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang siswa baru, Faris didampingi siswa lainnya mengatakan, selaku siswa baru di sekolah tersebut, ia akan membiasakan diri dan akan mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah.

"Kami akan membiasakan diri untuk mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah seperti memakai makser dan mencuci tangan menjaga jarak dan tidak berkumpul-kumpul," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Muhammad Fadli /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]