Sistem Zonasi Jadi Kompetisi Jarak Terdekat Sekolah, Adib Alfikri: Dampaknya Jadi Blind Zone


Senin, 13 Juli 2020 - 19:35:43 WIB
Sistem Zonasi Jadi Kompetisi Jarak Terdekat Sekolah, Adib Alfikri: Dampaknya Jadi Blind Zone Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri

HARIANHALUAN.COM - Menanggapi polemik yang terjadi mengenai PPDB 2020, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri menyatakan pihaknya telah mengevaluasi penerimaan peserta didik SMA melalui sistem zonasi. Ia menyebutkan pada hasil evaluasi yang dilakukan rata-rata radius daya tampung sekolah itu kurang lebih hanya 1 kilometer dari sekolah.

Saat ditemui Harianhaluan.com di kantor DPRD Provinsi Sumbar, Senin (13/7) Adib menyampaikan dengan begitu muncul dampak di mana terdapat beberapa daerah (kecamatan, kelurahan) yang menjadi wilayah Blind Zone atau daerah yang tidak diterima di SMA manapun hanya karena jarak.

"Persoalan sebenarnya adalah daya tampung yang tidak bisa menampung semua kebutuhan masyarakat untuk bersekolah. Dan tidak ada perubahan pada daya tampung dari tahun lalu dan tahun sekarang hanya saja ada bedanya yaitu seleksi. Dulu diseleksi dengan nilai, masyarakat kita tidak akan bermasalah jika diseleksi dengan nilai namun peraturan dari atas sekarang diseleksi dengan jarak," jelasnya.

Ia melanjutkan dengan adanya peraturan baru tersebut menambah persoalan lainnya seperti surat keterangan, memanipulasi data dan lain sebagainya. Sehingga, optimalisasi daya tampung sekolah sesuai kebutuhan menjadi salah satu solusinya. Solusi tersebut diambil untuk mereka yang sudah mendaftar di SMA negeri, namun tidak masuk melalui jalur zonasi.

"Kita akan memaksimalkan isi kelas dari 36 orang menjadi 40 orang. Gubernur sudah buat surat ke Kementerian dan semua sudah kita selesaikan izinnya," terangnya.

Adib berharap dengan adanya solusi tersebut anak-anak yang berada di wilayah Blind Zone ada peluang untuk bersekolah negeri dengan tidak menggunakan jarak. Rencananya, kata Adib, optimalisasi daya tampung jalur non zonasi ini akan dibuka pada 15-16 Juli 2020. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]