Masyarakat Belum Siap, Pemkab Mentawai Tarik Syarat Rapid Test Perjalanan 


Senin, 13 Juli 2020 - 19:39:11 WIB
Masyarakat Belum Siap, Pemkab Mentawai Tarik Syarat Rapid Test Perjalanan  Pengambilan rapid test di Pelabuhan Bungus Padang

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terpaksa menarik kembali aturan persyaratan perjalanan yang mengharuskan rapid test atau swab test  bagi penumpang kapal penyeberangan dan penumpang transportasi udara, hal tersebut dikarenakan belum siapnya Masyarakat mengikuti aturan tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara bidang teknis Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Serielie BW yang juga selaku kabag hukum kepada wartawan saat konferensi pers, Senin (13/07) di ruang rapat Sekretariat Daerah Mentawai.

"Kami sudah melakukan rapat yang dipimpin langsung oleh Sekda Mentawai, terkait penerapan persyaratan perjalanan, yang mana per hari ini 13 Juli bagi penumpang kapal transportasi penyeberangan Mentawai-Padang harus melakukan swab pcr, namun mengingat masyarakat belum siapa, maka kita tunda lagi selama 3 minggu kedepan, " paparnya. 

Ia menyebutkan sebelumnya aturan persyaratan perjalanan tersebut telah ditetapkan melalui Surat Edaran (SE) Bupati Mentawai Nomor 360/351/BUP-2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi kebiasaan baru aman Covid-19.

Terkait adanya penarikan aturan tersebut, pihak pemerintah kembali memberlakukan aturan sebelumnya yakni penumpang kapal penyeberangan diwajibkan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan diberikan surat keterangan (Suket) bebas gejala.

Sementara itu Kadinkes Mentawai selaku Jubir bidang kesehatan menyebutkan saat ini tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Kepulauan Mentawai, yang mana semula ada 8 kasus positif, sekarang semuanya sudah sembuh.

"Terakhir satu orang sembuh pada 2 Juli dan tidak ada lagi penambahan, harapan kita tidak ada kasus baru lagi, sehingga pada awal agustus kita sudah bisa menetapkan status di Kepulauan Mentawai sebagai kawasan zona hijau, karena kriterianya, apabila dalam kurun waktu satu bulan tidak ada kasus positif, maka sudah bisa menetapkan status zona hijau, sekarang statusnya zona kuning," paparnya.

Terkait pengambilan swab test dan rapid test Ia menyebutkan selama ini dilakukan secara cuma-cuma yang mana kegiatan tersebut didukung oleh Dinkes Provinsi Sumatera Barat dan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

Sementara itu Serielie BW mengatakan kedepan Pemkab Mentawai berencana akan melakukan pemungutan retribusi pelayanan kesehatan terkait pengambilan swab test dan rapid test. 

"Ini baru rencana dan akan dibahas dalam tempo 21 hari, jadi belum bisa dipastikan apakah akan dilakukan pemungutan atau diberikan secara gratis itu keputusan setelah ada pembahasan," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 22:57:06 WIB

    Punya Takah, Mulyadi Pemimpin Ideal Masyarakat Sumbar

    Punya Takah, Mulyadi Pemimpin Ideal Masyarakat Sumbar HARIANHALUAN.COM - Warga Kabupaten Solok, Yeti S mengatakan jika Mulyadi digadang-gadang sebagai calon gubernur terkuat di Sumbar karena ia memiliki tiga kriteria pemimpin, yaitu Takah, Tageh dan Tokoh. Takah adalah penampila.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 19:10:13 WIB

    Mulyadi Terus Berjuang Demi Kepentingan Masyarakat Sumbar

    Mulyadi Terus Berjuang Demi Kepentingan Masyarakat Sumbar HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi menegaskan memperjuangkan nasib masyarakat sudah menjadi sebuah kewajiban. Dia pun bersyukur bisa selalu membantu dan bermanfaat bagi masyarakat di Ran.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 07:52:53 WIB

    Karang Taruna Mesti Ikutserta Edukasi Covid-19 ke Masyarakat Sumbar

    Karang Taruna Mesti Ikutserta Edukasi Covid-19 ke Masyarakat Sumbar HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit kembali memberikan pembekalan kepada seluruh Karang Taruna agar memiliki peran dengan cara memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat sekaligus mengajak menerap.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 22:59:33 WIB

    Maju di Pilgub Sumbar, Masyarakat Solok Dukung Penuh Mulyadi

    Maju di Pilgub Sumbar, Masyarakat Solok Dukung Penuh Mulyadi HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi mendapat dukungan dari beragam kalangan masyarakat untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020. Selain partai politik, dukungan untuk Mulyadi juga .
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:41:53 WIB

    Manfaat Kerja Nyata Mulyadi Dirasakan Masyarakat Hingga Perbatasan Sumbar-Riau

    Manfaat Kerja Nyata Mulyadi Dirasakan Masyarakat Hingga Perbatasan Sumbar-Riau HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi mendorong pembangunan jalan Pangkalan-Gelugur, Lima Puluh Kota. Jalan ini merupakan rute alternatif menuju Rokan Hulu, Provinsi Riau..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]