Wali Murid Sampaikan Keluhan Zonasi dan Umur, Disdik Sumbar: Tingkat SMA Tidak Ada Seleksi Umur


Senin, 13 Juli 2020 - 19:41:43 WIB
Wali Murid Sampaikan Keluhan Zonasi dan Umur, Disdik Sumbar: Tingkat SMA Tidak Ada Seleksi Umur Persoalan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (2020) tak kunjung menemui titik tem

HARIANHALUAN.COM - Persoalan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (2020) tak kunjung menemui titik temu. Beberapa keluhan masyarakat terus membanjiri kantor Dinas Pendidikan Sumbar hingga kantor DPRD Sumbar. 

Senin (13/7/2020) pihak DPRD Sumbar mengadakan pertemuan dengan para perwakilan orang tua siswa yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Ombudsman, Anggota Komisi V DPRD dan beberapa elemen yang terlibat.

Salah seorang wali murid yang tinggal di dekat SMA Negeri 1 Padang mengaku pusing lantaran jarak tempat tinggal dengan sekolah hanya 100 meter namun anaknya tidak diterima. "Tahap pertama sudah diterima, namun setelah itu namanya sudah tidak ada lagi, padahal nilai rapornya 91, sertifikat lengkap, umur anak saya pun 16 tahun," jelasnya.

Disisi lain, keluhan yang sama juga dilontarkan oleh wali murid yang lain. Ia menilai Disdik tidak siap dalam penerapan sistem terbaru ini, mulai dari data, teknis yang rusak. Apalagi dalam hal ini tidak melibatkan masyarakat dan berjelas-jelas. Diakuinya, anaknya tergolong pintar namun tidak diterima di sekolah tujuan. "Seharusnya Disdik Sumbar mengambil kebijakan dengan pro kepada masyarakat, mencari solusi untuk menerapkan keadilan," katanya.

Mengenai hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri menyatakan bahwa untuk tingkat SMA tidak memakai seleksi umur, terkait nilai siswa yang awalnya 91 menjadi angka sekitar 80an karena proses konversi dengan akreditasi dan sudah ada aturannya.

"Untuk anak bapak yang jaraknya 100 meter dari SMA N 1 Padang tersebut, nanti akan kami cek ulang, bisa saja karena proses validasi," kata Adib, Senin (13/7/2020).

Terkait Surat Keterangan Domisili (SKD) merupakan produk RT, RW, Kelurahan, Kecamatan setempat. Yang menjadi bagian Disdik hanya ke sekolah, jika pihak Disdik ikut mengurus hal tersebut maka akan kewalahan semuanya. "SKD itu tujuan sebenarnya untuk menerangkan isi dari Kartu keluarga yang belum genap satu tahun," katanya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]