Muda dan Terkenal, Faldo Maldini: Maju Pilgub Sumbar Ini di Luar Ekspetasi Saya


Senin, 13 Juli 2020 - 20:56:48 WIB
Muda dan Terkenal, Faldo Maldini: Maju Pilgub Sumbar Ini di Luar Ekspetasi Saya Faldo Maldini saat berbincang-bincang dengan Dippi di chanel YouTube The Sunday Project: #Diatasnalar Episode 1

HARIANHALUAN.COM - Politisi muda asal Sumatra Barat, Faldo Maldini dikabarkan akan ikut dalam Pilgub Sumbar tahun 2020 ini. Pria yang akrab disapa Faldo tersebut lahir di Padang pada tanggal 9 Juli 1990. Selain menjadi politisi muda, semasa kuliah di Universitas Indonesia ia juga aktif di berbagai bidang organisasi kampus. Bahkan, ia juga sempat menjabat menjadi Ketua BEM UI. 

Aktif berorganisasi, Faldo berhasil meraih juara 3 pada kompetisi Mahasiswa Berprestasi pada tahun 2011. Bakat kepemimpinan yang dimilikinya itu diapresiasi oleh Beasiswa Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri dan Goodwill International Scholarship yang masing-masing memberikan beasiswa kepemimpinan pada Faldo. 

Ketika ia melanjutkan pendidikan pascasarjana, ia didaulat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK). Sebagai Ketua PPI UK, Faldo memimpin 32 cabang yang dimiliki organisasi itu yang tersebar di berbagai wilayah di Inggris dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1.600 orang. Pada tahun 2018, suami dari Davrina Rianda Davron tersebut menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN). 

Sebagai Wasekjen, tugas Faldo meliputi koordinasi dengan DPW dan DPC di daerah, membangun sistem pengkaderan yang sistematis, hingga membantu mensukseskan Zulkifli Hasan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Pada Oktober 2019, ia mengundurkan diri dari PAN dan bergabung dengan PSI (Partai Solidaritas Indonesia) sebagai Ketua DPW PSI Sumatera Barat. Siapa sangka, politisi muda tersebut akan bertarung di ajang Pilgub Sumbar tahun 2020 berpasangan dengan Febby Dt Bangso.

Sebelumnya, niat Faldo tersebut sempat terhalang umurnya yang belum cukup 30 tahun dalam pemilihan gubernur tersebut. Namun, karena terjadinya pandemi Covid-19, pelaksanaan Pilkada tahun 2020 diundur. Sehingga, genaplah umurnya 30 tahun dan dapat ikut bertarung di Pilgub Sumbar mendatang. 

Saat diwawancarai Dippi di channel YouTube The Sunday Project pada Senin (13/7) Faldo mengaku di kehidupannya sekarang terjadi di luar perkiraannya. Bincang-bincang dengan episode #diatasnalar, Faldo menerangkan sikap politik dan jiwa kepemimpinan yang dimilikinya saat ini berasal dari latihan yang dia jalankan selama menempuh pendidikan.

"Semuanya di luar ekspetasi, dan sikap politik dan jiwa petarung leadership ini karena dilatih," katanya.

Selain aktif berorganisasi, Faldo juga suka berbisnis dan mengelola beberapa komunitas. Sewaktu menempuh pendidikannya, Faldo yang mengambil Jurusan Fisika merasa nyaman berorganisasi di BEM UI sehingga mengaku keteteran dalam menjalankan kuliahnya.

"Ya dulu sempat becanda ke teman-temab ya kita Jurusan Fisika ini paling ujung-ujungnya jadi guru bimbel. Masuk politik itu awalnya diumur ke-25 tahun, pas balik dari UK langsung gabung dengan partai," jelasnya sambil tertawa.

Niatnya untuk maju di Pilgub Sumbar 2020 mendatang tak sedikit yang mengatakan terlalu ambisius dan terlalu buru-buru. Menanggapi hal tersebut, Faldo hanya tertawa dan menyatakan apa yang ia rasakan sekarang merupakan hasil dari kerja kerasnya saat masih berada di tahap awal masuk ke dunia politik.

"Pernah dulu jadi tukang angkat kursi, tukang luve streaming pas ketua pidato di tengah lapangan saya yang pegang. Jadi, ya banyak di luar sana yang mendukung kaum muda untuk mendapat tempat," ujarnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]