Kajari Pasaman: ASN Jangan Coba-coba Korupsi Dana Corona!


Senin, 13 Juli 2020 - 23:20:52 WIB
Kajari Pasaman: ASN Jangan Coba-coba Korupsi Dana Corona! Kajari Pasaman, Fitri Zulfahmi, SH, MH

HARIANHALUAN.COM - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasaman, Fitri Zulfahmi, mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Pasaman, tak main-main dalam penggunaan anggaran ditengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Pasalnya, anggaran penanganan pandemi Covid-19 sangat berpeluang jadi bancakan atau ladang korupsi. Resiko hukumnya pun maksimal. Ancaman hukuman mati mengintai siapa saja yang menyelewengkan uang negara untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

"ASN dalam bekerja jangan korupsi. Apalagi melakukan praktik pencairan dana kegiatan tidak sesuai aturan atau fiktif ditengah pandemi ini. Perbuatan itu adalah salah satu bentuk tindakan korupsi yang berpotensi merugikan keuangan negara," tegas Kajari yang baru beberapa hari bertugas di Pasaman ini, Senin (13/7).

Menurutnya, ASN dalam pengunaan dana perjalanan dan kegiatan agar memperhatikan kebenaran aktualitas dan menghindari upaya penggunaan dana tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Itu bisa dipidana. Undang-undang yang menjerat tentang SPJ Fiktif ada pada Pasal 2 dan pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Jo. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," imbuhnya. 

Zulfahmi menjelaskan praktik seperti itu meskipun kecil tetapi bila dilakukan berulang-ulang dan dilakukan secara masif oleh ASN tentunya akan menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi negara.

"Misalnya satu instansi merekayasa kegiatan fiktif, nilainya sekian, namun bila dilakukan berulang-ulang tentunya ini jadinya banyak juga, jadi cara-cara seperti inilah yang harus dihindari, " ulasnya. 

Pada kesempatan itu, Kajari juga berharap kerjasama yang baik dari awak media dalam melakukan kontrol sosial dan juga pengawasan penggunaan uang negara.

"Bila mana ada temuan dari kawan-kawan media dilapangan tentang kegiatan yang merugikan negara (korupsi) segera laporkan kepada kami. Kami, Kajari  Pasaman siap untuk menerima dan menindak lanjuti setiap laporan tersebut," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]