Hati-hati, Sesak Napas Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung


Selasa, 14 Juli 2020 - 09:32:55 WIB
Hati-hati, Sesak Napas Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung ilustrasi sakit jantung

HARIANHALUAN.COM - Ayah Ivan Gunawan, Bambang Cahyo Gunawan dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung pada Minggu (12/7/2020) pukul 17.00 WIB di Rumah Sakit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal dunia, almarhum diketahui dalam keadaan sehat meski sempat mengalami sedikit sesak napas.

"Karena jantung, sudah diperiksa jantungnya sehat semuanya sehat. Tahu-tahu dia sesak di bawa ke rumah sakit. Dia masih turun mobil sendiri, dia masih jalan ke tempat dokter sendiri. Katanya jam 5 lewat (meninggal)," kata desainer sekaligus paman Ivan Gunawan, Adji Notonegoro saat tiba rumah duka yang berlokasi di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dilansir dari Healthline, hubungan pernapasan dan jantung sangatlah erat terkait. Jantung bertugas memompa darah sehingga dapat bersirkulasi ke jaringan tubuh serta mendapatkan oksigen dari paru-paru. Jika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik (seperti halnya serangan jantung), Anda bisa merasa sesak napas.

Sesak napas kadang-kadang bisa menjadi gejala yang menyertai kelelahan yang tidak biasa pada wanita. Sebagai contoh, beberapa wanita melaporkan bahwa mereka akan kehabisan napas dan lelah karena aktivitas sehari-hari yang mereka lakukan. Dilansir dari Times Now News, sensasi kehabisan napas yang dapat mengindikasikan serangan jantung ini biasanya merupakan proses bertahap. 

Pada tahap awal, aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam bernafas. Ketika kondisi meningkat keparahannya, sesak napas dapat menjadi lebih umum pada kegiatan sehari-hari seperti menaiki tangga atau mandi, dan bahkan beristirahat. Jika Anda merasa mengalami serangan jantung, Anda atau seseorang di dekatnya harus segera menghubungi layanan darurat. 

Meskipun Anda mungkin merasa terjaga dan cukup waspada untuk mengemudi, nyeri dada bisa menjadi sangat parah sehingga Anda mungkin mengalami kesulitan bernapas atau kesulitan berpikir jernih. Maka dari itu, tidak aman membawa diri sendiri ke rumah sakit selama serangan jantung, jadi lebih baik panggil ambulans. (*)

loading...
 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 23:26:46 WIB

    Hati-hati, Angka Fatalitas Tertinggi Covid-19 Ada pada Pasien Lansia

    Hati-hati, Angka Fatalitas Tertinggi Covid-19 Ada pada Pasien Lansia HARIANHALUAN.COM - Hati-hati untuk usia 60 tahun ke atas, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat bahwa fatalitas tertinggi terjadi pada pasien virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) yang berumur lanjut usia (lansia). Selain itu.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 22:15:44 WIB

    Hati-hati, Kasus Tanpa Gejala Banyak Ditemukan di Klaster Baru Covid-19

    Hati-hati, Kasus Tanpa Gejala Banyak Ditemukan di Klaster Baru Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Gelombang wabah corona kembali membuat sejumlah negara berlakukan kebijakan lockdown. Kian banyak bukti menunjukkan bahwa mereka yang tampak sehat sebenarnya membantu sebarkan virus..
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:13:32 WIB

    Hati-hati, Virus Corona Bisa Memicu Kerusakan Parah pada Otak

    Hati-hati, Virus Corona Bisa Memicu Kerusakan Parah pada Otak HARIANHALUAN.COM - Makin banyak bukti, virus corona SARS-CoV-2 tidak hanya menyerang saluran pernafasan dan paru-paru, melainkan juga organ lainnya. Virus corona bisa menyerang berat jantung, pembuluh darah, saraf, ginjal ata.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 10:43:31 WIB

    Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona

    Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of internal Medicine, sebanyak 45 persen kasus virus corona atau COVID-19, mungkin tidak menunjukkan gejala. Itulah sebabnya, sangat sulit untu.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:48:05 WIB

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer HARIANHALUAN.COM - Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya Anda selalu berniat menyimpan banyak makanan agar tak keluar rumah. Nah, Anda tentu mengandalkan kulkas untuk menyimpan segala jenis makanan favorit..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]