Penyuluh Agama Jadi Ujung Tombak Perangi Hoaks di Tengah Masyarakat


Selasa, 14 Juli 2020 - 10:26:59 WIB
Penyuluh Agama Jadi Ujung Tombak Perangi Hoaks di Tengah Masyarakat 30 penyuluh agama Islam non PNS mengikuti Diklat moderasi beragama di lingkungan Kemenag Pasaman.

HARIANHALUAN.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman mengerahkan 30 penyuluh agama untuk perangi hoaks dan cegah berkembangnya paham radikal di tengah masyarakat. Kepala Kantor Kemenag Pasaman, Dedi Wandra mengatakan, para penyuluh itu ditugasi untuk melakukan pembinaan keagamaan, memerangi hoaks dan mencegah merebaknya faham radikal kepada masyarakat di tempat mereka bertugas. 

"Banyak ragam informasi hoaks bermunculan sehingga menimbulkan fitnah dan keresahan di tengah masyarakat. Masyarakat juga harus ditangkal dari bahaya faham radikalisme," ujar Dedi Wandra dalam kegiatan diklat moderasi beragama bagi para penyuluh agama Islam non PNS di Lubuksikaping, Selasa (14/7/2020).

Dia pun mengingatkan, penyuluh agama untuk tidak menjadi penyebar berita bohong atau hoaks. Segala informasi harus dipastikan dulu kebenarannya sesuai fakta sebelum disampaikan kepada umat. "Penyuluh harus berperan aktif meluruskan info yang sebenarnya. Bukan sebaliknya turut serta memperkeruh keadaan. Seperti halnya masalah peniadaan pemberangkatan haji kemarin," ingatnya.

Terkait kegiatan diklat moderasi beragama, Dedi menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pembinaan agar para penyuluh agama nantinya dapat memberikan penjelasan yang benar kepada masyarakat binaannya tentang moderasi beragama itu sendiri. "Penyuluh berperan dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat, agar tidak menimbulkan kesalahan dalam memahami makna moderasi beragama," tutupnya. 

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Di Wilayah Kerja (DDWK) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang ini diikuti sebanyak 30 penyuluh agama Islam non PNS kantor Kemenag setempat. Kegiatan berlangsung selama enam hari ke depan, dimulai sejak Senin (13/7/2020) kemarin. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 10:54:48 WIB

    Pemkab dan Dinkes Pasbar Gencarkan Penyuluhan untuk Antisipasi Covid-19

    Pemkab dan Dinkes Pasbar Gencarkan Penyuluhan untuk Antisipasi Covid-19 PASBAR,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) lakukan penyuluhan dengan cara mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat keseluruh Puskesmas yang ad.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:42:02 WIB

    Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari

    Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman sampai saat ini masih kekurangan tenaga penyuluh. .
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:12:23 WIB

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT BATUSANGKAR, HALUAN — Anggota Pemadam Ke­bakaran (Damkar) BPBD Ka­bu­paten Tanah Datar mela­kukan sosialisasi kepada kaum Ibu Rumah Tangga (IRT) di wilayah Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Senin (3/10)..
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:44:54 WIB

    Kejati Beri Penyuluhan Hukum Pada Siswa SMA

    Kejati Beri Penyuluhan Hukum Pada Siswa SMA TANAH DATAR, HALUAN — Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat menggelar agenda pe­nerangan hukum kepada sekitar 450 orang siswa SLTA se-Tanah Datar. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Wido­do Supriyadi, dihadapan para siswa.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:20:05 WIB

    Wabup :Tunjukkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian

    Wabup :Tunjukkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian Tanah Datar, Haluan — Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi acara Musyawarah Daerah (Mus­da) ke I Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), Selasa (02/08) di Aula Gedung Islamic Center, .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]