Fakta Terbaru Vaksin Covid-19 dari WHO: Tak Ada Jaminan Vaksin akan Berhasil!


Selasa, 14 Juli 2020 - 13:04:33 WIB
Fakta Terbaru Vaksin Covid-19 dari WHO: Tak Ada Jaminan Vaksin akan Berhasil! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Vaksin Covid-19 mungkin akan ditemukan dalam beberapa bulan mendatang. Namun vaksin tersebut belum tentu memusnahkan virus corona. Bahkan potensi terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan (China) ini masih tetap tinggi.

Hal ini banyak disuarakan oleh pada ahli penyakit menular. Untuk menemukan vaksin Covid-19 yang benar-benar mujarab perlu riset lanjutan. Hal ini pun diamini oleh Direktur Eksekutif Kedaruratan World Health Organization (WHO) Mike Ryan.

"Kita mengharapkan vaksin ini memberantas atau menghilangkan virus [corona] dalam beberapa bulan mendatang tidak realistis," ujar Mike Ryan seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (14/7/2020).

"Mengharapkan keajaiban kita mendapatkan vaksin yang sempurna yang dapat diakses semua orang, juga tidak realistis."

Mike Ryan menambahkan mengandalkan kekebalan kawanan atau held immunity mungkin bukan strategi yang baik untuk menghadapi pandemi Covid-19. Cara terbaiknya adalah dengan mengikuti protokol kesehatan dan menjaga kebersihan selama berbulan-bulan ke depan.

"Kami dapat dan akan mengembangkan vaksin," kata Ryan. "Tanda tanya adalah: 'seberapa efektifkah vaksin itu?' Dan, yang lebih penting dan lebih mengkhawatirkan: 'siapa yang akan mendapatkan vaksin itu?' Dan: 'akankah distribusi itu adil dan merata?'"

Menurut WHO, ada 160 vaksin yang sedang dikembangkan di dunia. Sebanyak 21 kandidat vaksin sudah memasuki uji klinis atau dicobakan ke manusia. Namun tak ada jaminan vaksin ini akan berhasil untuk mengatasi corona.(*)

 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]