Tolak RUU HIP, Aliansi BEM SB Datangi DPRD Sumbar


Selasa, 14 Juli 2020 - 16:11:28 WIB
Tolak RUU HIP, Aliansi BEM SB Datangi DPRD Sumbar BEM SB meminta agar RUU HIP ditolak bukan ditunda.

HARIANHALUAN.COM - Menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Sumatra Barat (BEM SB) mendatangi Gedung DPRD Sumbar di Jalan Khatib Sulaiman No 87 Kota Padang.

Kedatangan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi ini disambut oleh Wakil Ketua Komisi I Fraksi Gerindra, Evi Yandri Rajo Budiman beserta Fraksi Demokrat dan Nasdem. Seorang perwakilan aliansi BEM SB, Iqshan Guciano Zulfikar mengatakan bahwa BEM meminta agar RUU HIP ditolak bukan ditunda.

"Kami meminta rancangan ini ditolak, tidak ditunda, ketika adanya peran DPRD, kami ingin kewenangan ini mampu dipengaruhi di pusat," katanya, Selasa (14/7/2020).

Iqshan mengatakan bahwa adanya RUU HIP ini dirasa banyak mengganjal, karena presiden merasa diuntungkan sedangkan aturannya banyak yang bertentangan dengan agama dan budaya terutama di Sumbar. RUU HIP mencederai ideologi yang dianut oleh pancasila, apalagi tidak dimasukannya pada TAP MPRS tahun 1996.

"Kalau ini sempat disahkan, ajaran komunisme akan berkembang di Sumbar. Antisipasi hal tersebut beberapa ulama dan tokoh ikut menolak karena bertentangan dengan kultur yang ada melalui aksi yang dilakukan beberapa hari lalu di Nurul Iman," tambahnya.

Lanjutnya, dia menilai tidak ada gunanya rancangan ini terhadap rakyat, malahan dengan kondisi Indonesia saat ini, banyak masalah lain yang perlu untuk dituntaskan. Selain itu, seorang mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian Unand, Bayu Pamungkas mengatakan bahwa rancangan ini melahirkan pro dan kontra yang tidak diketahui siapa yang diuntungkan maupun dirugikan.

"Setelah dikaji lebih dalam, ternyata penguasa lebih diuntungkan, kalau aturannya seperti itu, maka presiden akan mencederai Pancasila karena nantinya penguasa tertinggi di tangan presiden dan semuanya akan berbasis dari tangannya," kata Bayu.

Padahal, masih terdapat enam juta masyarakat Indonesia yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19 yang perlu dibahas mendalam. Namun nyatanya saat ini malah ideologi Pancasila yang dinilai sakral menjadi bahasan yang dianggap lebih penting. "Bukti Pancasila yang sakral dituangkan dalam UUD 1945, Pancasila bersifat final," tegasnya.

Satu suara, Hal senada juga disampaikan oleh Abdul Afif, Presiden Mahasiswa Unand yang ingin agar DPRD Sumbar bersama mahasiswa menolak RUU HIP ini. "Kami menolak dan DPRD pun seharusnya bersama dengan kami," katanya.

Sementara, Evi Yandri menyampaikan bahwa apa yang disampaikan mahasiswa saat ini kurang lebih sama dengan yang disampaikan oleh Forum Masyarakat Minang beberapa waktu lalu. Ia mengatakan bahwa DPRD siap meneruskan permasalahan ini ke pusat. 

Namun disinggung soal bersama-sama bertekad dengan mahasiswa mengenai penolakan rancangan tersebut, Evi enggan berbicara banyak. Ia hanya mengatakan bahwa ini harus dikaji lebih lanjut dengan persetujuan Ketua DPRD Sumbar, Supardi. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 11:49:31 WIB

    Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP

    Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat M Nurnas menyampaikan perkembangan RUU HIP di kursi DPR saat ini, terdapat beberapa partai politik yang menyatakan penolakan terhadap .
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 13:30:30 WIB

    Politisi PAN asal Sumatera Barat Ini Serukan Tolak Kedatangan TKA China

    Politisi PAN asal Sumatera Barat Ini Serukan Tolak Kedatangan TKA China JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rencana pemerintah mendatangkan 500 TKA dari China ke Sulawesi Utara (Sultra )mendapatkan penolakan dari berbagai lapisan masyarakat. Sebelumnya, Gubernur dan DPRD Sulawesi Tenggara satu suara meno.
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 15:00:51 WIB

    Anak dan Mantu Jokowi Ditolak Akar Rumput PDIP Jelang Pilkada

    Anak dan Mantu Jokowi Ditolak Akar Rumput PDIP Jelang Pilkada MEDAN, HARIANHALUAN.COM - Kader akar rumput Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP Kota Medan, Sumatera Utara tidak mau partainya mengusung Bobby Nasution yang merupakan mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilwalkot Medan 2020. M.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 11:42:13 WIB

    OSO Tolak Jabatan Wantimpres, Lho Kenapa?

    OSO Tolak Jabatan Wantimpres, Lho Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menolak tawaran Presiden Joko Widodo untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). OSO mengaku masih ingin fokus menjadi pemimpin.
  • Sabtu, 23 November 2019 - 12:24:56 WIB

    PDIP Tolak Wacana ASN Kerja dari Rumah

    PDIP Tolak Wacana ASN Kerja dari Rumah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menolak wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diperbolehkan bekerja dari rumah. Partai berlogo banteng moncong putih itu berpendapat bahwa pelayanan t.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]