Mahasiswa PNP Dapat Ajukan Perubahkan Uang Kuliah Tunggal hingga 18 Juli


Selasa, 14 Juli 2020 - 16:34:40 WIB
Mahasiswa PNP Dapat Ajukan Perubahkan Uang Kuliah Tunggal hingga 18 Juli Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa yang kesulitan membayar uang kuliah tunggal (UKT) di Politeknik Negeri Padang (PNP) karena perubahan ekonomi keluarga akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 dapat mengajukan permohonan perubahan. Pendaftaran pemohonan UKT dilakukan secara daring atau online yang berakhir pada Sabtu, 18 Juli 2020.

"Bagi mahasiswa yang meminta pengurang UKT artinya ada problem dari sisi ekonomi," kata Direktur PNP, Surfa Yondri dikutip dari video PNP dikutip Harianhaluan.com, Selasa (14/7/2020).

Surfa Yondri berharap yang mengusulkan pengurangan UKT merupakan mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah. Karena untuk mahasiswa semester 3 ada kuota 83 orang, semester 5 sebanyak 131 orang. Sedangkan untuk mahasiswa Sarjana Terapan sebanyak 189 orang.

"Jadi bagi mahasiswa yang saat ini menyelesaikan tugas akhir untuk diploma 3, diploma 4, dan sarjana terapan kuotanya ada 138 orang," ujar Surfa Yondri.

Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan penurunan UKT, Surfa Yondri menyarakan, harus mengurus KIP. Untuk mendaftar KIP pun tidak sulit. Cukup masuk ke website Kemendibud, setelah itu ikuti alur yang ada di web tersebut. Terlebih dahulu harus login.

"Di web tersebut suda ada jadwal KIP-Kuliah. Jangan sampai mahasiswa tidak mengakses website tersebut. Sehingga kebingungan tanya sana-sini. Jadi semuanya di website ini sudah lengkap tentang KIP," sebut Surfa Yondri.

Dengan begitu, Surfa Yondri pun berharap, baik calon mahasiswa Politeknik Negeri Padang ataupun mahasiswa on going yang ingin mengajukan penurunan UKT sebaiknya mengakses website KIP-Kuliah di Kemendikbud. Supaya bisa mempermudah mahasiswa dalam pengurusan UKT.

"Karena nanti jika hanya mengajukan penurunan UKT tidak akan signifikan. Karena UKT di Politeknik Negeri Padang maksimum untuk diploma 4 Rp3 juta. Diploma 3 Rp2,5 juta khusus rekasaya, dan tata niaga dilpoma 4 atau sarjana terapan Rp2,7 juta," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:08:39 WIB

    Skenario New Normal, Mahasiswa Dilarang Berkerumun di Lingkungan PNP

    Skenario New Normal, Mahasiswa Dilarang Berkerumun di Lingkungan PNP HARIANHALUAN.COM - Guna mengantisipasi penularan virus Corona atau Covid-19. Politeknik Negeri Padang (PNP) menerapkan sejumalah kebijakan dalam proses pembelajaran di lingkungan kampus pendidikan vokasi tersebut. Kali ini, a.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 10:14:14 WIB

    Akhirnya Mahasiswa Terdampak Covid-19 Bisa Dapat KIP PTK, Simak Syaratnya

    Akhirnya Mahasiswa Terdampak Covid-19 Bisa Dapat KIP PTK, Simak Syaratnya HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama telah memperbarui regulasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK). Program tersebut sekarang bisa diberikan kepada mahasiswa terdampak Covid-19..
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 22:41:41 WIB

    Duh, Menteri Nadiem Dilaporkan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa

    Duh, Menteri Nadiem Dilaporkan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ke Komnas HAM terkait pembayaran kuliah secara penuh di masa pandemi virus Corona (COVID.
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:18:52 WIB

    Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Mahasiswa PNP

    Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Mahasiswa PNP HARIANHALUAN.COM - Di masa new normal, Politeknik Negeri Padang (PNP) memberikan kelonggaran sedikit kepada mahasiswa yang hendak melakukan kegiatan di kampus. Kendati demikian, kampus pendidikan vokasi ini meminta mahasiwa a.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:02:14 WIB

    Pandemi Covid-19, PNP Hanya Perbolehkan Mahasiswa ke Kampus untuk Praktek

    Pandemi Covid-19, PNP Hanya Perbolehkan Mahasiswa ke Kampus untuk Praktek HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) mengatur sejumlah ketentuan terkait penyelenggaraan pembelajaran selama darurat Covid-19. Keputusan ini tertuang dalam surat edaran nomor 7/PL9/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pem.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]