Puncak Paku Kawasan Wisata Mandeh Kembali Dilestarikan


Selasa, 14 Juli 2020 - 20:16:24 WIB
Puncak Paku Kawasan Wisata Mandeh Kembali Dilestarikan Puncak paku yang yang terletak di Kawasan Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan yang rusak, kini sudah di perbaiki. Foto M Joni

HARIANHALUAN.COM - Camat Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Deny Anggara mengemukakan, kerusakan fasiltas umum berupa, plang merek yang terletak di Puncak Paku Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan sudah perbaiki.

Menanggapi hal itu, Bupati Pesisir Selatan H Hendrajoni menyesalkan terjadinya kerusakan beberapa fasilitas umum, hal tersebut disampaikan dalam kunjungan kerja ke Kawasan Mandeh tersebut. "Saya sudah memerintahkan camat Kecamatan Koto XI Tarusan Deny Anggara agar fasilitas yang rusak tersebut segera dibenahi," katanya.

Akibat kerusakan tersebut, pihaknya bersama tim antara lain, Satuan Polisi Pamong Praja, wali nagari, dan tokoh masyarakat setempat sempat melakukan penelusuran terhadap kerusakan berbagai fasilitas tersebut.

"Sesuai dari hasil pemantauan di lapangan, ternyata kerusakan tersebut bukan karena dirusak oleh seseorang, namun akibat bencana alam angin kencang yang menerpa fasilitas umum tersebut," kata Hendrajoni.

Sementara itu, perbaikan kembali beberapa sarana yang rusak itu, berkat kepedulian BRI Cabang Painan dan pemerintah nagari yang telah membenahi kembali kerusakan tersebut.

"Kepada masyarakat diminta untuk bisa saling menjaga agar fasilitas umum tersebut agar tidak rusak.Kita bangga kawasan objek wusata tetap indah dan lestari terhindar dari kerusakan,Kawasan wisata Mandeh tidak saja sekedar objek wisata, namun keberadaanya sudah dikenal dunia sebagai destinasi wisata internasional," imbaunya.

"Bila ditemui ada kerusakan terhadap fasilitas umum dikawasan wisata ini oleh faktor alam, masyarakat diminta untuk segera melaporkan kepada pihak terkait, baik di tingkat nagari, kecamatan, maupun kabupaten," ingatnya.

Yang membanggakan, taman wisata Kawasan Puncak Paku di Kawasan Mandeh, merupakan salah satu lokasi favorit bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya yang mempesona dengan hamparan pulau-pulau, pantai dan alam pergunungan yang mempesona. Hal merupakan asset bagi masyarakat daerah Pesisir Selatan yang sangat tinggi nilainya, tak heran daerah ini sebagai sasaran masyarakat berkunjung ke daerah ini. (*)

loading...
Reporter : M Joni /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 12 September 2020 - 22:04:24 WIB

    Puncak Bukik Godang Jadi Objek Wisata Alam Baru di Tanah Datar

    Puncak Bukik Godang Jadi Objek Wisata Alam Baru di Tanah Datar HARIANHALUAN.COM - Puncak Bukik Godang Jorong Nan IX, Nagari Salimpauang, Kecamatan Salimpauang, Kabupaten Tanah Datar kini menjadi objek wisata alam baru yang cukup menarik, selain pemandangan alamnya yang memanjakan mata, d.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 22:20:37 WIB

    Puncak Paralayang, Spot Instagramable Baru di Kota Padang

    Puncak Paralayang, Spot Instagramable Baru di Kota Padang HARIANHALUAN.COM - Kota Padang memiliki spot baru bagi anda penikmat senja dan suka berolahraga. Salah satu tempat yang lagi hits saat ini yakni Tandem Paralayang atau biasa disebut Puncak Paralayang yang terletak di Bukit Ga.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:03:08 WIB

    Kunjungi Puncak Pada Akhir Pekan, Wisatawan Ditunggu 2.000 Alat Rapid Test

    Kunjungi Puncak Pada Akhir Pekan, Wisatawan Ditunggu 2.000 Alat Rapid Test HARIANHALUAN.COM - Wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya menjadi sasaran rapid test massal di kawasan wisata Puncak, Bogor, Sabtu (20/6/2020). Targetnya, sebanyak 2.000 wisatawan yang datang ke Puncak, Bogor, akan menjalani r.
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 09:22:42 WIB

    Ayo ke Sawahlunto! Kawasan Wisata Alam Puncak Sati Saringan, Serasa Negeri Diatas Awan

    Ayo ke Sawahlunto! Kawasan Wisata Alam Puncak Sati Saringan, Serasa Negeri Diatas Awan Dibalik eksotisme wisata sejarah kota tua Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto, ternyata "Kota Arang" biasa disebut orang ini menyimpan sejuta pesona keindahan alam lainnya. Salah satunya, Puncak Sati ya.
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 18:15:54 WIB

    BRI Bangun Taman di Puncak Paku KWBT Mandeh

    BRI Bangun Taman di Puncak Paku KWBT Mandeh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bank Rakyat Indonesia (BRI) membangun taman di Puncak Paku, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, sebagai wujud dukungan terhadap pengemb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]