2 Alat Ini Bisa Melenyapkan Covid-19 yang Menyebar di Udara


Selasa, 14 Juli 2020 - 20:39:51 WIB
2 Alat Ini Bisa Melenyapkan Covid-19 yang Menyebar di Udara Infografis/Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya/Edward Ricardo

HARIANHALUAN.COM - Masyarakat kembali dibuat khawatir dengan kabar yang menyebut jika Covid-19 bisa menyebar melalui udara alias airborne.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi peredaran Covid-19 lewat udara di ruang tertutup ber-AC.

"Penggunaan air purifier dan penggunaan lampu UV bisa membantu juga," ujarnya saat video conference di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Selain itu, cara lainnya adalah memperhatikan ventilasi udara dan pastikan mendapatkan sinar matahari. Pastikan menjaga jarak dengan orang sekitar dan pastikan selalu menggunakan masker.

"Hindari memegang permukaan benda yang kotor, mata bisa menjadi jalur masuk Covid-19. Patuhi protokol kesehatan," tegasnya.

Terkait penggunaan masker, dia mengatakan agar disiplin dengan cara menggantinya setiap 4 jam. Hal ini dilakukan untuk menghindari infeksi kuman.

"Harus disiplin menggunakan masker di luar rumah, tidak diturunkan ke dagu apalagi jarang ganti masker," tuturnya.

Sebagai informasi, Juru Bicara Pemerintah RI untuk Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan hingga Selasa (14/7/2020) total konfirmasi positif Covid-19 menembus 78.572 orang, bertambah 1.591 orang dibandingkan dengan kemarin.

"Ada penambahan 947 pasien sembuh, sehingga total menjadi 37.636 orang," ujarnya.

Selanjutnya, ada penambahan 54 kasus kematian sehingga total menjadi 3.710 orang. "Ada 461 kabupaten/Kota di 34 Provinsi yang terpapar Covid-19," pungkasnya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]