Putus Sekolah dan Miskin, Kini Basko Jadi Pebisnis Media hingga Batubara


Rabu, 15 Juli 2020 - 10:01:47 WIB
Putus Sekolah dan Miskin, Kini Basko Jadi Pebisnis Media hingga Batubara Basrizal Koto.

HARIANHALUAN.COM - Basrizal Koto terkenal di dunia bisnis properti. Ia adalah orang di balik sejumlah proyek besar di Sumatra antara lain Minang Plaza, Superblok Green City, dan Basko Hotel. Selain itu, ia juga mempunyai bisnis di bidang percetakan, media, peternakan, hotel, properti, dan pertambangan.

Pria bersahaja yang lahir pada 11 Oktober 1959 di Padang Pariaman, Sumatera Barat adalah putra dari pasangan Ali Absyar dan Djaninar. Dia punya keyakinan bahwa kemiskinan harus dilawan. Dengan keyakinan tersebut, dia merantau ke Riau untuk bekerja alih-alih melanjutkan sekolahnya.

Ketika hendak berangkat, sang ibu berpesan kepadanya agar pandai-pandai berkomunikasi, dapat memanfaatkan waktu luang dan kesempatan, serta bekerja dengan komitmen yang tinggi.

Pada sesi interview bersama Arie di Wisdom With Uda Basko, Rabu (15/7/2020), dia bercerita perjalanan dirinya hingga berada di titik ini. Pesan-pesan itu diterapkannya dengan baik. Awal mula dia menjalankan bisnisnya sendiri dengan berjualan petai.

Untuk membangun usaha ini pun ia tidak menggunakan modal uang. Ia memanfaatkan kepercayaan orang lain padanya. "Walaupun putus sekolah dan setelah merantau tidak memiliki guru, saya menjadikan alam sebagai guru," katanya.

Mampu berkomunikasi dengan baik adalah kekuatannya dalam menjalin kerja sama bisnis. Dia membawa petai ke restoran Minang. Ia jual petai tersebut dengan selisih harga yang lebih tinggi dari perjanjian bisnis yang diperolehnya dari pengepul. Keuntungan yang ia peroleh dari berjualan itulah yang menjadi miliknya, sedangkan tengkulak akan mendapatkan harga sesuai dengan perjanjian yang mereka buat.

Pandangannya yang selalu optimis membuat ia tak segan mencoba berbagai pengalaman baru. Basrizal Koto tidak hanya pernah berjualan petai, ia juga pernah bekerja sebagai kondektur, sopir, pemborong, dealer mobil, dan tukang jahit.

Saat ini, Basrizal Koto menjalankan beberapa perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan yang dikelolanya masuk dalam MCB Group. Perusahan-perusahaan tersebut diantaranya adalah PT Basko Minang Plaza, perusahaan yang fokus pada pusat perbelanjaan untuk masyarakat Padang dan Pekanbaru.

Selain pusat perbelanjaan, Basrizal Koto mendirikan PT Cerya Riau Mandiri Printing (CRMP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Dia juga membangun PT Cerya Zico Utama yakni perusahaan yang menjalankan bisnis properti. Kemudian, PT Bastara Jaya Muda yakni perusahaan yang menggerakkan bidang tambang batubara.

Tidak hanya itu, juga ada PT Riau Agro Mandiri, perusahaan yang melaksanakan ekspor impor ternak. Lalu, PT Riau Agro Mandiri Perkasa yakni perusahaan yang bergerak dalam bidang pembibitan dan pengalengan daging.

Ada pula PT Indonesian Mesh Network merupakan perusahaan yang fokus mengembangkan TV Kabel dan internet serta Premier Basko Hotel di Padang yang dulunya bernama PT Best Western Hotel yang bergerak di bidang perhotelan. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]