Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP


Rabu, 15 Juli 2020 - 11:49:31 WIB
Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat M Nurnas.

HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat M Nurnas menyampaikan perkembangan RUU HIP di kursi DPR saat ini, terdapat beberapa partai politik yang menyatakan penolakan terhadap rancangan tersebut.

"Sebagian besar parpol menyatakan penolakan, tinggal sekitar tiga parpol lagi yang ingin melanjutkan, jika satu parpol lagi menolak kebijakan ini, maka RUU HIP dinggap batal untuk dilanjutkan," katanya, Selasa (14/7/2020) kemaren.

Hal tersebut beriringan dengan penolakan yang terjadi oleh beberapa unsur masyarakat Sumbar, sebut saja penolakan yang dilakukan oleh Forum Masyarakat Minang beberapa waktu lalu, kemudian juga dari Aliansi BEM se Sumatra Barat yang secara tegas memberikan penolakan bukan lagi penundaan.

Mengenai dua unsur yang menyatakan penolakan tersebut, Nurnas mengatakan akan menyampaikan aspirasi dari masyarakat secara kelembagaan kepada pemerintah pusat sebagai aspirasi daerah.

"Sama seperti Forum Masyarakat Minang, aspirasi yang disampaikan mahasiswa juga akan ditindaklanjuti secara kelembagaan di DPRD dengan meneruskannya ke pusat," kata Nurnas.

Nurnas menjelaskan bahwa DPRD hanya sebagai penyampai aspirasi, namun secara organisasi berada di bawah partai politik sama dengan DPR. Terkait dengan itu, Ia meminta mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi tertulis, sehingga DPRD menyampaikannya secara utuh sesuai dengan aspirasi dan harapan yang disampaikan. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]