Rashdul Qiblah, Kemenag Dharmasraya Imbau Umat Pantau Ketepatan Arah Kiblat


Rabu, 15 Juli 2020 - 12:46:55 WIB
Rashdul Qiblah, Kemenag Dharmasraya Imbau Umat Pantau Ketepatan Arah Kiblat Ilustrasi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN. COM - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Abdel Haq, mengimbau umat muslim di daerah itu memantau kembali ketepatan arah kiblat sekaitan terjadinya fenomena alam saat matahari melintas tepat diatas bangunan Ka'bah, Rabu sore (15/07), sekitar pukul 16.27 WIB. 

"Peristiwa ini lazim disebut dengan istilah Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah yang kali ini momen langka tersebut terjadi pada 15 hingga 16 Juli 2020, pada momentumnya bisa dimanfaatkan oleh umat muslim untuk meluruskan kembali arah kiblat, " Jelasnya, di Dharmasraya, Rabu (15/07). 

Menurutnya, salah satu rukun yang wajib dilaksanakan ketika mendirikan ibadah shalat adalah menghadap ke arah kiblat yang merupakan posisi bangunan Ka'bah di Kota Mekah, Arab Saudi. 

Untuk itu, lanjutnya, menjaga ketepatan arah kiblat terutama di Masjid-Masjid dan Mushalla adalah sebuah keharusan demi menjaga kualitas ibadah yang dilaksanakan. 

Terkait tata cara pelaksanaannya, ia menjelaskan, langkah paling sederhana bisa dilakukan dengan cara menancapkan benda berbentuk tiang ke tanah, seperti paku, pensil dan lain-lain sebagai media untuk melihat arah bayangan benda tersebut yang pada saat peristiwa Rashdul Qiblah, akan mengarah tepat ke arah Ka'bah. 

"Jika dibutuhkan, pengurus Masjid dan Mushalla bisa menghubungi petugas Kantor Urusan Agama atau langsung mendatangi seksi Urusan Agama dan Pembinaan Syariah ( Urais Bisyar) Kantor Kementerian Agama Dharmasraya, " Tutupnya.

Pantauan Harianhaluan.com, hingga siang ini kondisi cuaca di  wilayah Kabupaten Dharmasraya cerah berawan sehingga cukup memungkinkan untuk melakukan pengamatan terhadap objek bayangan suatu benda saat berada di bawah sinar matahari.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resmi milik lembaga tersebut, tidak diperoleh informasi tentang adanya potensi hujan hingga waktu masuknya fase Rashdul Qiblah.(*) 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]