Penjualan Merosot Hingga Produksi Terhenti Akibat Pandemi Covid-19, Usaha Songket Limo Puti Rambah Pasar Online


Rabu, 15 Juli 2020 - 13:26:45 WIB
Penjualan Merosot Hingga Produksi Terhenti Akibat Pandemi Covid-19, Usaha Songket Limo Puti  Rambah Pasar Online Usaha Songket Limo Puti ramaikan pasar online

HARIANHALUAN.COM - Akibat pandemi Covid-19 yang melanda Sumatra Barat (Sumbar) sejumlah mata pencarian masyarakat sempat vakum bahkan ada yang berhenti total, sehingga menyebabkan perekonomian anjlok dalam beberapa bulan terakhir.

Mengantisipasi hal tersebut, di masa new normal ini sejumlah usaha mulai kembali merangkak untuk memulihkan perekonomian yang mulai meredup, tak terkecuali usaha tenun Songket Limo Puti di Nagari Pandai Sikek Kabupaten Datar. Seorang anak dari pemilik usaha keluarga di bidang tenun ini kemudian mencoba menggerakkan kembali usahanya dengan merambah dunia online.

Melalui akun instagram @songketlimoputi, Ia memulai usahanya kembali sejak Mei 2020.  "Untuk usaha bisnis songket sendiri, sudah dimulai oleh ibu kami sejak tahun 1994 hingga sekarang. Kami memulai jualan online karena distribusi songket yang terhenti sejak adanya virus Covid-19 sehingga anak tanun alias warga Pandai Sikek yang pekerjaan utamanya bertenun kehilangan arah dalam mencari penghasilan," kata Arnezda Putri, kepada Harianhaluan.com, Rabu (15/7/2020).

Dari berbagai kegelisahan tersebut, Arnezda Putri atau yang akrab dipanggil Adek ini memutuskan untuk membuka online shop (olshop) dengan tujuan agar kain songket tetap bisa didistribusikan kepada konsumen, meski konsumen tidak dapat ke daerah Pandai Sikek atau ke toko langsung karena situasi pandemi yang belum berakhir.

Lanjut Adek, selama beberapa bulan belakangan ini, penjualan songket merosot pesat, sehingga anak tenun terpaksa harus dihentikan. Namun seiring penerapan new normal di Sumbar, pada akhir Juni hingga sekarang, pesanan sudah mulai masuk walaupun masih sedikit. 

"Kami berharap dengan adanya olshop ini bisa membantu pengrajin Pandai Sikek serta melestarikan kebudayaan daerah ini sendiri, karena ini merupakan asli milik keluarga, non koperasi, non PKB, jadi di produksi oleh pengrajin anak tenun Pandai Sikek," katanya.

Kondisi pandemi saat ini, Adek mengakui tiga bulan kebelakang sejak Maret hingga Juni tidak ada penjualan sama sekali sehingga pengrajin diminta berhenti sementara sampai penjualan normal kembali. Akhirnya banyak para pekerja yang beralih menjadi petani dadakan untuk mencari nafkah.

‌"Melihat kondisi ini, maka kami ingin membantu dengan masuk ke pasar online supaya penjualan bangkit kembali dan pengrajin dapat bekerja normal. Sejak diberlakukan era new normal saat ini, permintaan songket mulai masuk meskipun masih sedikit. Sehingga kami berharap usaha online kami ini dapat membantu pengrajin Pandai Sikek serta ikut melestarikan kerajinan asli Minangkabau," harapnya.

Sebenarnya, usaha Songket Limo Putri telah dimulai sejak tahun 1994 oleh ibu kandungnya, Usmila Demi, namun dengan mengikuti percepatan teknologi, Ia kemudian juga memasarkan secara online sejak Mei 2020 lalu. Jenis songketnya pun beragam berdasarkan motifnya yaitu, bacatua, balapak dan balapak bacatua serta full sutra jika ada permintaan.

Agar mengikuti zaman, Adek menuturkan bahwa sekarang songket di kombinasikan dengan sulaman Koto Gadang, variasi sulamnya yaitu suji dan sulam kapalo samek. Terkait bahan juga digunakan bervariasi mulai dari benang, emas, silver, tembaga, kristal dan sutra. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Juni 2019 - 08:47:03 WIB

    Kinerja Penjualan PLN UIW Sumbar Naik 3.19% Pada Triwulan I/2019

    Kinerja Penjualan PLN UIW Sumbar Naik 3.19% Pada Triwulan I/2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM – PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat berhasil meningkatkan penjualan sebesar sebesar 3,19% pada akhir Triwulan 1 2019. Hal ini tidak lepas dari komitmen PLN untuk selalu memberikan kemudahan bagi.
  • Senin, 24 Juni 2019 - 16:30:09 WIB

    Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PLN UIW Sumbar Tingkatkan Penjualan

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat berhasil meningkatkan penjualan sebesar sebesar 3,19% pada akhir Triwulan 1 2019. Hal ini tidak lepas dari komitmen PLN untuk selalu memberikan kemudahan bagi m.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 17:22:42 WIB

    Penjualan Batubara PTBA Naik 1,1 Juta Ton

    Penjualan Batubara PTBA Naik 1,1 Juta Ton SAWAHLUNTO, HALUAN -- PT. Bukit Asam berhasil membukukan kenaikan penjualan batubara sebesar 1,1 juta ton, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 lalu, dengan total penjualan mencapai 10,2 juta ton. “Terjadi ke.
  • Senin, 02 Maret 2015 - 19:30:24 WIB

    KPK Selidiki Penjualan Eks Rumah Dinas Bupati Solok

    SOLOK,HALUAN — Ribut-ribut soal dugaan kerugian negara dalam lelang penjualan eks Rumah Dinas Bupati So­lok di Kota Solok tahun 2011 silam ternyata berlanjut ke Komisi Pemberantasan Ko­rup­si (KPK). K.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]