Penularan Covid-19 Lewat Udara Lebih Berbahaya


Rabu, 15 Juli 2020 - 22:34:32 WIB
Penularan Covid-19 Lewat Udara Lebih Berbahaya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga diminta lebih waspada terhadap penyebaran virus corona yang saat ini tidak hanya dari droplet, namun juga melalui udara.

Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed mengatakan penularan Covid-19 melalui udara lebih berbahaya sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati dan waspada. "Karena cairan yang dikeluarkan saat bersin atau batuk dapat berubah jadi partikel yang lebih kecil dan mudah menyebar di udara sehingga dapat menempel di mana-mana," jelasnya, Rabu (15/7).

Apalagi, kata dia, virus ini akan cepat menyebar di dalam ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik dan dapat bertahan selama delapan jam di udara. "Penularan melalui udara ini juga dapat menjangkau jarak lebih dari satu meter," ujar Aditya.
                               
Meski begitu, dia mengajak masyarakat tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Caranya dengan memakai masker dengan benar, menjaga jarak lebih dari satu meter, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Masyarakat juga harus berhati-hati dan sebisa mungkin menghindari aktivitas di kerumunan orang banyak yang asal muasalnya tidak diketahui. "Pokoknya harus lebih waspada dalam melakukan kegiatan atau aktivitas seperti olahraga, ke pasar dan mal karena banyak orang asing yang tidak kita kenal dan asalnya pun tidak diketahui dari mana," ujarnya.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 16:25:40 WIB

    Fakta Baru: Rumah Tempat Paling Rawan Penularan Corona

    Fakta Baru: Rumah Tempat Paling Rawan Penularan Corona HARIANHALUAN.COM - Ahli epidemiologis Korea Selatan memaparkan fakta baru soal corona. Di mana, rumah, bisa jadi tempat paling rentan terinfeksi Covid-19..
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 18:35:36 WIB

    Ini 5 Cara Cegah Penularan Corona 'Airborne' di Ruang Tertutup Ala dr Reisa

    Ini 5 Cara Cegah Penularan Corona 'Airborne' di Ruang Tertutup Ala dr Reisa HARIANHALUAN.COM - Sejumlah ilmuwan mengklaim virus Corona COVID-19 bisa menular lewat udara. Organisasi kesehatan dunia WHO mengakui bukti-bukti bermunculan dan akan mempelajari lebih lanjut..
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 13:10:38 WIB

    Tiap Ruang Harus Punya Ini untuk Cegah Penularan Corona Lewat Udara

    Tiap Ruang Harus Punya Ini untuk Cegah Penularan Corona Lewat Udara HARIANHALUAN.COM - Penyebaran virus corona yang dapat menular lewat udara atau airborne disinyalir jadi penyebab munculnya cluster baru di ruang tertutup seperti perkantoran, pabrik, dan restoran. Untuk mencegah penularan lew.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 11:31:39 WIB

    Langkah Cegah Penularan Jika Corona Menyebar Lewat Udara

    Langkah Cegah Penularan Jika Corona Menyebar Lewat Udara HARIANHALUAN.COM - Para ahli epidemiologi menyebut faktor penting pencegahan infeksi virus corona ketika penularan sudah pula melalui udara atau airborne adalah, memperhatikan sirkulasi udara dan sinar ultraviolet. Dua pokok .
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 08:09:23 WIB

    Begini Mekanisme Penularan Covid-19 Lewat Mata

    Begini Mekanisme Penularan Covid-19 Lewat Mata HARIANHALUAN.COM - Ahli virologi Joseph Fair PhD terkena Covid-19 setelah melakukan perjalanan udara dengan pesawat. Kondisi pesawat tersebut padat penumpang dan para pramugari yang bertugas tidak menggunakan masker..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]