Ada Wacana Pantun akan Diusulkan Jadi Warisan Budaya Sumbar


Kamis, 16 Juli 2020 - 06:43:56 WIB
Ada Wacana Pantun akan Diusulkan Jadi Warisan Budaya Sumbar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

HARIANHALUAN.COM - Sumatera Barat selain memiliki adat yang kuat, juga memiliki warisan budaya yang beragam. Bicara warisan budaya, Sumbar memiliki warisan budaya yang mendunia bahkan telah diakui UNESCO, seperti;  Pencak Silat dan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (Tambang Batubara Sawahlunto).

Dalam Webinar hubungan Internasional yang digelar secara daring di ruang kerjanya, Selasa lalu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengingatkan untuk menjaga warisan budaya dan menjaga keasliannya, apalagi warisan budaya yang telah diakui dunia. Karena untuk mencapai itu semua tidaklah mudah, butuh proses dan dukungan stakeholder yang terlibat.

"Insha Allah kita akan menjaga keaslian yang sudah ada ini," ucap Gubernur.

Selain pencak silat dan tambang batubara yang telah diakui UNESCO, tahap berikutnya akan diusulkan warisan lain seperti pantun untuk menjadi usulan selanjutnya baik ke pusat maupun UNESCO. Ke depannya Pemprov Sumbar akan menyiapkan rekomendasi untuk mengusulkan warisan budaya tersebut dengan membentuk perangkat dan struktur organisasi yang terpadu dengan melibatkan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Kedepannya Gubernur berharap warisan budaya yang diusulkan dari Sumbar tercapai, dan warisan yang telah diakui dapat menjadi objek wisata yang diminati dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung serta mensejahterakan masyarakat Sumbar. (*)

loading...
Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:22:05 WIB

    P21, Kasus Ujaran Kebencian Terhadap Mulyadi Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan

    P21, Kasus Ujaran Kebencian Terhadap Mulyadi Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan HARIANHALUAN.COM - Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar), Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto menyatakan, kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik terhadap H. Mulyadi,.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:37:56 WIB

    Layanan Gratis Rapid Test di Pelabuhan Pintu Masuk Mentawai Ditiadakan

    Layanan Gratis Rapid Test di Pelabuhan Pintu Masuk Mentawai Ditiadakan HARIANHALUAN.COM - Pelayanan kesehatan rapid test di Pelabuhan Bungus dan Muara Padang sebagai akses pintu masuk ke Kepulauan Mentawai pada awal agustus 2020 ditiadakan, para penumpang transportasi kapal penyeberangan diwajib.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:13:31 WIB

    Besok, Waspada Gelombang Laut hingga 4 Meter

    Besok, Waspada Gelombang Laut hingga 4 Meter HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan prakiraan kondisi cuaca maritim di beberapa wilayah perairan Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (5/8/2020). Prakiraan kondisi .
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:51:15 WIB

    Bocah 7 Tahun Sembuh dari Covid-19 di Padang

    Bocah 7 Tahun Sembuh dari Covid-19 di Padang HARIANHALUAN.COM - Seorang bocah perempuan berumur tujuh tahun dinyatakan sembuh dari virus corona, bocah tersebut berasal dari Bungus Barat Kota Padang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, sebel.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:18:41 WIB

    Ada Pembangunan Jembatan Darurat di Kelok 44, Akses Jalan Ditutup Total

    Ada Pembangunan Jembatan Darurat di Kelok 44, Akses Jalan Ditutup Total HARIANHALUAN.COM - Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sumatera Barat tengah membangun jembatan darurat di ruas jalan kelok 44, tepatnya di kelok 10 yang longsor beberapa hari lalu..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]