Ada Wacana Pantun akan Diusulkan Jadi Warisan Budaya Sumbar


Kamis, 16 Juli 2020 - 06:43:56 WIB
Ada Wacana Pantun akan Diusulkan Jadi Warisan Budaya Sumbar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

HARIANHALUAN.COM - Sumatera Barat selain memiliki adat yang kuat, juga memiliki warisan budaya yang beragam. Bicara warisan budaya, Sumbar memiliki warisan budaya yang mendunia bahkan telah diakui UNESCO, seperti;  Pencak Silat dan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (Tambang Batubara Sawahlunto).

Dalam Webinar hubungan Internasional yang digelar secara daring di ruang kerjanya, Selasa lalu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengingatkan untuk menjaga warisan budaya dan menjaga keasliannya, apalagi warisan budaya yang telah diakui dunia. Karena untuk mencapai itu semua tidaklah mudah, butuh proses dan dukungan stakeholder yang terlibat.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

"Insha Allah kita akan menjaga keaslian yang sudah ada ini," ucap Gubernur.

Selain pencak silat dan tambang batubara yang telah diakui UNESCO, tahap berikutnya akan diusulkan warisan lain seperti pantun untuk menjadi usulan selanjutnya baik ke pusat maupun UNESCO. Ke depannya Pemprov Sumbar akan menyiapkan rekomendasi untuk mengusulkan warisan budaya tersebut dengan membentuk perangkat dan struktur organisasi yang terpadu dengan melibatkan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Kedepannya Gubernur berharap warisan budaya yang diusulkan dari Sumbar tercapai, dan warisan yang telah diakui dapat menjadi objek wisata yang diminati dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung serta mensejahterakan masyarakat Sumbar. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]