Petani Kota Solok Terlanjur Tanam Serai Wangi, Harga Jual Ternyata Mengecewakan


Kamis, 16 Juli 2020 - 09:22:38 WIB
Petani Kota Solok Terlanjur Tanam Serai Wangi, Harga Jual Ternyata Mengecewakan Yeri Oskandar, petani serai wangi dengan latar belakang kebun serai wangi yang dikelolanya. ALFIAN

HARIANHALUAN.COM - Petani serai wangi di Kota Solok terpaksa urut dada lantaran harga minyak atsiri dipasaran anjlok hanya dibanderol Rp 140.000/ kg. Sementara dipasaran luar negeri masih stabil dengan harga Rp 300.000/ kg.

Akibat anjloknya harga minyak atsiri, sebagian besar areal pertanaman kurang terawat, bahkan ada petani yang tidak memanen serai wanginya. Kalaupun dipanen sampai penyulingan, lebih besar cost pasca panen dari pada keuntungan yang diperoleh.

"Anjloknya harga minyak atsiri di pasar nasional sudah berlangsung hampir 1 tahun. Jika kondisi ini terus berlanjut kemungkinan areal tanam serai wangi bisa merimba," ujar Yeri Oskandar, petani serai wangi pada Haluan Kamis (16/7) di Kota Solok.

Menurut Yeri Oskandar, dirinya tergiur menanam serai wangi karena pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Awalnya dia hanya mengusahakan pada areal 3 hektare, kemudian dikembangkan lagi menjadi 8 hektare. Upaya ekstensifikasi itu dilakukan karena eksportir minyak atsiri dalam pertemuan di Medan 2017 lalu menjamin pemasaran.

"Saya bersama petani serai wangi dari Sumatra Barat diundang ke Medan memaparkan perkembangan serai wangi bahkan serai wangi asal Kota Solok terbaik di Asia karena kandungan setronelanya bagus. Ini bukan kata petani Kota Solok melainkan hasil uji laboratorium Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Bogor. Karena kandungan setronela minyak atsiri yang dihasilkan serai wangi cukup bagus ditambah lagi tingginya permintaan dari eksportir, petani di Solok melakukan ekstensifikasi," tambah Yeri Oskandar yang juga anggota asosiasi minyak atsiri Sumatera Barat ini.

Namun apa hendak dikata, luas panen sudah terealisasi sejak 2019 lalu, namum harga minyak atsiri anjlok dari Rp 350.000/kg ke level Rp 140.000/ kg. Padahal berdasarkan informasi, di luar negeri harga minyak atsiri masih stabil. "Lalu siapa yang bisa menembus mafia dagang di luar negri itu?" ungkapnya. (*)

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]