Dewi Sutan Riska: Laporkan Jika Mengetahui Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak


Kamis, 16 Juli 2020 - 09:59:19 WIB
Dewi Sutan Riska: Laporkan Jika Mengetahui Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dewi Sutan Riska

HARIANHALUAN. COM - Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Puti Bungsu, Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, Dewi Sutan Riska, mengimbau masyarakat melaporkan jika mengetahui atau memiliki informasi tentang peristiwa kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

Hal itu ia sampaikan di Dharmasraya, Kamis (16/07), sekaitan dengan program Three Ends yang diluncurkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia yang menjamin terlaksananya hak ibu dan anak untuk hidup aman, nyaman dan terlindungi secara fisik, mental dan ekonomi. 

"Dalam program tersebut juga disebutkan tentang perlindungan terhadap kaum wanita dari kejahatan perdagangan manusia atau human traficking yang saat ini marak terjadi dibelahan dunia manapun," ungkapnya. 

Selain itu, lanjutnya, masalah kesenjangan ekonomi juga menjadi titik perhatian lembaga tersebut dan salah satunya turut memperjuangkan kesetaraan gender dalam kesempatan bekerja dan mencari nafkah dengan tetap menjunjung tinggi hak-hak kaum perempuan dan anak. 

Salah satunya, tambah dia, dengan memastikan tidak terjadi kejahatan pelecehan seksual yang kerap menimpa kaum perempuan serta menjamin hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan menjamin mereka memiliki kesempatan belajar dan bermain. 

"Kami juga meminta kepada seluruh pelaku usaha di bidang apapun agar tidak mempekerjakan anak dibawah umur," ujarnya. 

Ia meyakini, jika segala upaya tersebut dilaksanakan dengan kesadaran tinggi yang dilandasi komitmen untuk melindungi hak perempuan dan anak, maka akan memberi dampak positif terhadap pembangunan mental spiritual masyarakat menuju generasi Indonesia yang berkualitas dan bermartabat. 

"Sehingga upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat akan lebih mudah dicapai yang pada akhirnya akan bermuara pada terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat sebagaimana diamanatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," tutupnya. 

Dihimpun dari berbagai sumber, pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mencatat adanya peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak selama pandemi corona berlangsung.  

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati memaparkan, ada 643 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilaporkan melalui Sistem Informasi Online (Simfoni PPA) sejak 2 Maret-25 April 2020. 

Secara rinci, 275 kasus kekerasan dialami perempuan dewasa dengan total korban 277 orang. Ada pula 368 kasus kekerasan yang dialami anak. "Dengan korban sebanyak 407 anak," kata Bintang.   

Meningkatnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak ini, jelasnya, menunjukkan bahwa masalah psikologis di tengah masyarakat penting untuk diperhatikan.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:42:40 WIB

     Dewi Sutan Riska  Kunjungi Timpeh, 317 Kader Diberi Seragam Lapangan

     Dewi Sutan Riska  Kunjungi Timpeh, 317 Kader Diberi  Seragam Lapangan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM-Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska melakukan temu ramah dengan Kader Dasawisma dan Kader Posyandu Nagari se Kecamatan Timpeh, Rabu (17/10). .
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:08:08 WIB

    Renita Dewiva Siap Rebut Emas Paralayang

    Renita Dewiva Siap  Rebut Emas Paralayang PAYAKUMBUH, HALUAN — Emas Porprov Sumatera Barat XIV/2017 di Padang, jadi incaran atlet paralayang Kota Paya­kum­buh, Renita Dewiva, yang menjadi andalan Federasi Aero Sport (FASI) meraih emas di iven bergengsi Su­matera.
  • Kamis, 05 Februari 2015 - 19:32:57 WIB

    Usut Kematian Dewi, Tim Polda ke Pasaman

    KASUS PERAWAT CANTIK

    Polda Sumbar bergerak ke Pasaman untuk melakukan penyelidikan terkait kematian perawat cantik di Bendungan Panti, Rao. Polisi setempat sudah mengamankan Brigadir N yang diduga .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]