Penimbun Minyak Tanah Ditangkap di Padang, Ratusan Liter Diamankan


Kamis, 16 Juli 2020 - 14:57:34 WIB
Penimbun Minyak Tanah Ditangkap di Padang, Ratusan Liter Diamankan Jumpa pers kasus penimbunan minyak di Polda Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Seorang pria berusia 44 tahun ditangkap Polda Sumbar karena diduga menimbun BBM jenis minyak tanah. Pria berinisial C tersebut diamankan setelah petugas mendapati ratusan liter minyak tanah di rumahnya.

Dalam jumpa pers yang digelar Kamis (16/7/2020), pengungkapan kasus ini dilakukan Polda Sumbar di kawasan Villa Idaman Blok E/23, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. 

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, kasus ini berhasil terungkap pada 20 Mei 2020. Setidaknya, 36 drum dengan kapasitas 220 liter. Dari 36 drum itu, 29 drum yang berisikan minyak tanah. 

"Juga ada 40 jeriken kapasitas 35 liter, yang 13 jeriken berisikan minyak tanah. Kami juga menyita enam buah tedmon yang terdiri dari empat buah tedmon berisikan BBM jenis minyak tanah," kata Satake Bayu. 

Selain minyak tanah, beberapa peralatan lainnya juga ikut disita. Seperti mesin pompa, slang, sepeda motor hingga uang tunai sebesar Rp2,7 juta berikut satu unit telepon genggam. "Tersangka tertangkap tangan saat menyimpan BBM tanpa izin usaha penyimpanan," ujarnya. 

Sementara, Kasubdit IV Tipidter Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumbar, AKBP David Harnedy Tampubolon mengatakan, pengungkapan kasus ini berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya penyimpanan minyak tanah tanpa izin usaha. 

"Kita dapat perintah langsung dari Kapolda untuk melakukan penyelidikan terkait laporan tersebut," jelasnya. 

Menurut David, saat penggerebekan, pihaknya menemukan secara langsung bahwa adanya kegiatan penyimpanan minyak tanah dan melakukan pengedaran tanpa izin usaha. Begitupun ditemukan beberapa alat bukti.

"Tersangka dan barang bukti diamankan dan dibawa ke Mapolda Sumbar guna proses hukum lebih lanjut," tuturnya. 

Kasus ini, kata David, berkas perkara telah dilimpahkan ke kejaksaan (tahap satu) dan menunggu berkas dinyatakan lengkap (P-21). Untuk sementara, minyak tanah yang didapat oleh tersangka dipasok dari Palembang, Sumatra Selatan. 

"Dari hasil pemeriksaan, tersangka telah beroperasi selama tiga bulan belakangan," ucapnya. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]