Brigjen TNI Sulistiono Tinjau Pelaksanaan TMMD di Nagari Panyalaian Tanah Datar


Kamis, 16 Juli 2020 - 16:52:16 WIB
Brigjen TNI Sulistiono Tinjau Pelaksanaan TMMD di Nagari Panyalaian Tanah Datar Wasev TNI Brigjen TNI Sulistiyono menyerahkan sarana ibadah kepada niniak-mamak Panyalaian.

HARIANHALUAN.COM - Katim Wasev Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108, Brigjen TNI Sulistiono meninjau langsung pelaksanaan TMMD di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto, Kamis (16/7). 

Dalam peninjauan tersebut, Brigjen TNI Sulistiono didampingi Dandim 0307 Tanah Datar Letkol inf. Edi S Harahap, Kasi Teroterial Kolonel Kav. Husnizon Korem 032 Wirabraja dan Forkopimda Tanah Datar.

Brigjen TNI Sulistiono saat itu mengatakan, kedatangannya secara lansung ke Tanah Datar, khususnya ke lokasi TMMD untuk mengukur kinerja dari organisasi Satgas TMMD yang telah dibentuk TNI AD. Pengukuran kinerja yang dimaksud bagaimana awal persiapan hingga pelaksanaan, maupun pengakhiran oleh Satgas TMMD. Selain itu, juga akan dilihat keoptimalan secara efektif dan efisien dalam pelaksanaan TMMD itu.

”Ini sudah tercapai sasaran yang diinginkan dan tujuan dilaksanakan TMMD ini. Itu yang akan kita lihat di sini,” kata Sulistio.

Dari progres keseluruhan yang sudah dilaksanakan, baik pembukaan jalan baru sepanjang 2,8 kilometer dan kegiatan non fisik, Sulistio apresiasi kinerja Satgas TMMD Kodim 0307. Menurutnya, yang tersisa hanya pengerasan dan sedikit polesan bahu jalan agar tidak terjadi longsor. ”Seluruh progres ini cukup membanggakan kami, dalam waktu yang baru berjalan, setengah dari waktu yang ada sudah nampak dan bisa dinikmati  masyarakat,” ujarnya.

Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Edi S Harahap mengatakan, selama 17 hari pelaksanaan TMMD tersebut, hasilnya sesuai target. "Kedepan, dengan pertimbangan cuaca yang bagus pengerjaan membuka jalan baru ini juga dapat dipercepat. Tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan TMMD ini, selain cuaca yang tidak menentu, kondisi humus tanah yang subur di lokasi kegiatan turut menyulitkan petugas untuk melakukan pengerasan," kata Edi.

Selain itu, lanjutnya, banyaknya saluran air di lokasi, sehingga harus dibuatkan gorong-gorong. ”Di sini humus tanahnya subur, jadi pas kena air langsung becek, pengerasan jadi sulit. Cuaca juga tidak menentu. Banyaknya saluran air, yang semula kita buatkan gorong-gorong sebanyak tiga unit, sekarang sudah 16,” kata Dandim.

Meski demikian, Satgas TMMD Kodim 0307 Tanah Datar optimis seluruh kegiatan akan rampung dilakukan hingga batas waktu terakhir pada 29 Juli ini.
”Kita optimis, sebelum waktu batas akhir habis, kita sudah menyelesaikan kegiatan ini,” katanya.

Dengan dibukanya jalan baru itu secara ekonomi telah meringankan beban petani setempat. Sebelumnya para petani harus mengeluarkan upah angkut untuk hasil bumi mereka, namun kini tidak lagi. ”Dulu, kalau satu karung petani bisa mengeluarkan upah Rp20 ribu, kini tidak lagi. Bayangkan kalau hasil tani berkarung-karung, berapa petani harus mengeluarkan upah. Sekarang mobil sudah bisa masuk,” kata Kairul Fahmi Dt. Majo Basa Nan Gelek, salah seorang ninik mamak Nagari X Koto. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]