Nasrul Abit - Indra Catri Terlalu Usang


Kamis, 16 Juli 2020 - 18:38:48 WIB
Nasrul Abit - Indra Catri Terlalu Usang Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago

Oleh: Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago

 

Pernah tahu mobil Cadillac Eldorado? Mobil ini diproduksi oleh General Motor sejak tahun 1952. Sudah tua sekali. Kalau kita tonton film-film Hollywood zaman dulu, mobil ini sering dipakai orang-orang kaya untuk melengkapi kawasan pantai California.

Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri tampak seperti mobil usang tersebut. Keduanya menjadi bagian dari elit penguasa Sumbar sejak puluhan tahun yang lalu. Mereka adalah simbol dari dominasi birokrasi yang sudah berlangsung lama di Sumbar.

Namanya mobil tua tentunya pilihannya hanya dua, menjadi mobil antik atau barang rongsokan? Waktu tidak bisa dihentikan meski satu detik saja. Namun, menjadi terus sesuai zaman harus diupayakan.

Kalau ingin menjadi barang antik, tentunya biayanya tidak murah. Bayar sebanyak-banyaknya ahli mesin, interior, dan pengecatan untuk membuat mobil ini tetap dilihat gagah. Dorong mereka bekerja sesuai keahliannya.

Nasrul Abit-Indra Catri adalah kandidat usungan partai pemenang pemilu. Namun, namanya tidak terlalu menjadi perbincangan. Tidak ada cerita keberhasilan, tidak ada narasi yang memikat publik. Tampak tidak berdaya di hadapan kandidat-kandidat yang lebih tidak berpengalaman.

Malah, Andre Rosiade, sang ketua partai, tampak lebih dominan. Mereka berdua tidak lebih dari utusan Andre. Tidak ada tenaga, tidak ada tampilan orang yang sudah lama jadi penguasa.

Ketimbang menjadi mobil antik, Nasrul Abit-Indra Catri tampak seperti mobil mahal yang jadi rongsokan. Tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Catnya sudah banyak yang lecet, interiornya sudah sobek, dan mesinnya sudah tidak bertenaga.

Sudah saatnya, servis total. Mereka adalah Cadillac Eldorado, yang harganya sudah tidak ada takarannya lagi. Namun sekarang, tidak lagi di film-film Hollywood, melainkan berdiri di antara barang-barang rongsokan yang usang. Meski ini mobil mewah di zamannya, namun orang-orang sudah tidak lagi mengingatnya. Sayang beribu-ribu sayang. (*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]