Karang Taruna Sawahlunto Sinergikan Program Usaha Ekonomi Produktif dengan Dinas PMPTSPNaker


Kamis, 16 Juli 2020 - 19:05:17 WIB
Karang Taruna Sawahlunto Sinergikan Program Usaha Ekonomi Produktif dengan Dinas PMPTSPNaker Ketua dan Sekretaris Karang Taruna Sawahlunto berdiskusi bersama Kepala Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja Kota Sawahlunto Dwi Darmawati, dan Kabid Tenaga Kerja Indra Syamsi. Ist

HARIANHALUAN.COM - Karang Taruna Kota Sawahlunto terus bergerak melakukan konsolidasi dan harmonisasi program dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dikota ini. Salah satunya dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenaga Kerjaan (DPMPTSPNaker) dalam penciptaan tenaga kerja muda mandiri (wira usaha muda pemula). 

Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto, Andri Maha Putra mengatakan, harmonisasi dengan DPMPTSP Naker itu nanti disinergikan dengan kegiatan usaha ekonomi produktif (UEP) Karang Taruna se Sawahlunto.
"Harapannya bisa berkontribusi mengatasi pengangguran angkatan kerja produktif dan meminimalisir peningkatan kelompok pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) warga Karang Taruna usia 13 - 45 dikota ini," ujar Andri didampingi sekretaris Roynaldo kepada haluan, Kamis (16/7)

Pihaknya sebut Andri, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada DPMPTSP Naker yang telah memberikan kesempatan berdiskusi untuk menyampaikan program-program Karang Taruna yang diharmonisasikan dengan program dinas.

"Kami terus mendorong lahirnya UEP karang taruna Kelurahan dan desa yang merupakan sendi penggerak ekonomi ekonomi kerakyatan kota. UEP tersebut, salah satu solusi dalam mengatasi persoalan pengangguran angkatan kerja, sehingga permasalahan kesejahteraan sosial generasi muda bisa diminimalisir," katanya.

Andri juga menilai, UEP Karang Taruna sangat butuh dukungan melalaui pendidikan dan pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) yang tujuannya meningkatkan soft skill dan hard skill generasi muda.

UEP Karang Taruna ini lanjutnya, sangat sejalan dengan program penciptaan tenaga kerja muda mandiri karena outputnya adalah menciptakan langsung kerja sendiri oleh warga karang taruna dengan melihat sumberdaya dan potensi yang dimiliki mereka. (*)

 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]