Kasus Status PNS Alde Maulana yang Dicabut BPK Sumbar Berlanjut ke Kursi DPRD


Kamis, 16 Juli 2020 - 22:17:36 WIB
Kasus Status PNS Alde Maulana yang Dicabut BPK Sumbar Berlanjut ke Kursi DPRD Kasus Status PNS Alde Maulana yang Dicabut BPK Sumbar Berlanjut ke Kursi DPRD Sumbar

HARIANHALUAN.COM - Terkait kasus diskriminasi terhadap penyandang disabilitas dalam pengabaian hak atas pekerjaan dilakukan oleh BPK Republik Indonesia. Kali ini menimpa seorang laki-laki bernama Alde Maulana penyandang disabilitas yang sebelumnya dinyatakan lulus menjadi CPNS di Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar).

Lama tak terdengar, ternyata kasus ini dibawa pihak Alde Maulana ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar melalui hearing dengan Komisi I dan Komisi V, Kamis (16/7/2020). Ditemui Harianhalun.com, melalui hearing ini Alde sangat berharap DPRD Sumbar dapat membantu kasusnya untuk dipulihkan atau dikembalikan lagi sebagai PNS di BPK, karena Ia merasa heran dengan hasil Medical Check Up dirinya yang cukup sehat.

"Dilihat dari SK pemberhentian saya di BPK Sumbar, berubah dari cukup sehat menjadi tidak sehat dari segi jasmani dan rohani, menurut saya definisi kedua ini sangat jauh berbeda," katanya.

Sejauh yang ditangkap Alde, maka pihak DPRD Sumbar akan berkoordinasi dengan BKD Sumbar yang selanjutnya berkoordinasi dengan BKN pusat. Sebelumnya diberitakan bahwa awalnya korban mengikuti seleksi CPNS BPK RI melalui formasi disabilitas dan dinyatakan lulus menjadi CPNS BPK RI 24 Januari 2019 lalu. Berdasarkan Surat Keterangan Disabilitas, Alde merupakan penyandang disabilitas dengan raga lapang pandang kedua mata sebelah kiri buta 50%, lumpuh layu atau kaku tangan dan kaki sebelah kiri. Korban dapat melakukan aktivitas keseharian seperti berdiri, makan, minum, mandi dan mencuci.

Beberapa waktu kemudian, Alde diwajibkan mengikuti Diklat Orientasi Ke-BPK-an di Medan pada bulan Maret 2019 lalu. Saat itu, Alde mengalami sakit berupa kejang-kejang sehingga tidak mengikuti kegiatan selama dua hari. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik berlebihan berupa apel pagi dan apel sore tanpa adanya dispensasi bagi penyandang disabilitas. Pasca selesainya Diklat Orientasi, Alde kembali melanjutkan pekerjaannya di BPK Sumbar dan diminta oleh tim BPK Pusat untuk melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Gatot Soebroto Jakarta.

Kemudian 24 Februari 2020 lalu, BPK Perwakilan Sumbar melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji PNS Golongan III di Auditorium Lantai 4 Gedung A BPK Perwakilan Provinsi Sumbar. Namun, Alde tidak memperoleh undangan pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji PNS. Saat itu, BPK perwakilan Sumbar menyampaikan bahwa BPK RI akan datang menjelaskan soal status korban. 

Pada tanggal 9 Maret 2020 dikantor BPK Perwakilan Sumbar, korban menerima secara langsung Salinan Surat Keputusan Nomor:73/K/X-X.3/03/2020 tentang pemberhentian dengan hormat sebagai calon Pegawai Negeri Sipil. Pemberhentian dikarenakan korban dianggap tidak sehat secara jasmani dan rohani.

Setelah kejadian tersebut LBH Kota Padang, Wendra Rona Putra mengatakan bahwa persoalan kesehatan ini seharusnya sudah clear di awal proses seleksi. Dalam panduan aturan terbaru penerimaan pegawai tidak ada alasan seseorang untuk menggagalkan status kepegawaian dikarenakan masalah kesehatan.

"Untuk kondisi kesehatan seharusnya sudah selesai di awal seleksi, sehingga ketika masuk pada tahapan training yang diuji tidak lagi kesehatan, tetapi ini justru menjadi alasan penggagalan bagi yang bersangkutan," katanya kepada harianhaluan.com, Selasa (26/5/2020) lalu.

Menindaklanjuti hal tersebut, LBH akan menelaah kasus ini lebih lanjut dan akan melibatkan elemen terkait untuk berdialog agar sama-sama dipahami terutama pada konteks golongan disabilitas.

Terkait masalah ini, Alde telah melaporkan dugaan diskriminasi terhadap dirinya kepada Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat dan Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat. Kasus ini kemudian diambil alih oleh Komnas RI dan Ombudsman RI. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]