Komisi I DPRD Sumbar Angkat Suara Soal Kasus Alde Maulana


Jumat, 17 Juli 2020 - 09:33:25 WIB
Komisi I DPRD Sumbar Angkat Suara Soal Kasus Alde Maulana Sektaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat, M Nurnas

HARIANHALUAN.COM - Sektaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat, M Nurnas memberi tanggapan terkait kasus pemberhentian secara terhormat atas Alde Maulana penyandang disabilitas yang ditetapkan sebagai Aparatur Sipil Negera (ASN) di Badan Pemeriksa Keuangan Sumbar beberapa waktu lalu.

"Kita dari DPRD, ini bukan permasalahan kasus disabilitas yang pertama, ini kejadian kedua, sebelumnya juga sempat diperjuangkan kasus dokter Romi di Solok Selatan yang masuk melalui jalur umum," katanya kepada Harianhaluan.com, Jumat (17/7/2020).

Lanjut Nurnas, berbeda dengan kasus dr Romi, Alde Maulana sebelumnya memasuki formasi disabilitas. Merunut pada dua pasal Undang-undang 8 2016 pasal 45, jelas menerangkan bahwa pemerintah daerah menjadi kewajiban, hanya saja pemahaman yang menjadi alasan, tidak sehatnya jasmani dan rohani dari Alde Maulana, artinya pihak pemerintah daerah belum memahami terkait Undang-undang ini.

"Isi Undang-undang 8 yakni melindungi orang disabilitas, makanya kita perlu menelusuri kembali terkait pengembalian saudara Alde, setelah beberapa uji kepegawaian Alde dinyatakan lulus, hanya saja terkendala pada uji fungsional, kalau fungsional tidak berpengaruh kepada kelulusan ASN," katanya.

Nurnas mengatakan dalam hal ini, DPRD akan memberikan dorongan ke DPR RI, BKN dan presiden seperti yang dilakukan pada dr Romi sebelumnya. Sebelum itu, DPRD provinsi akan mengundang BKD Sumbar untuk berdiskusi mengenai langkah yang akan diambil, "ini tanggung jawab kita bersama untuk membela masyarakat kita, apalagi penyandang disabilitas," harapnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]