Benar Gak Sih? Tes Covid-19 Perlu Dilakukan tanpa Menunggu Gejala


Jumat, 17 Juli 2020 - 17:40:10 WIB
Benar Gak Sih? Tes Covid-19 Perlu Dilakukan tanpa Menunggu Gejala Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penggunaan masker hingga menjaga jarak fisik merupakan upaya-upaya pencegahan yang perlu dilakukan untuk menekan kasus Covid-19. Selain langkah pencegahan, pengetesan Covid-19 secara universal juga tak kalah penting untuk dilakukan demi menurunkan kejadian Covid-19.

Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Johns Hopkins University. Studi ini menemukan bahwa pengetesan universal dapat memperlambat penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

"Sumber daya pengetesan yang lebih banyak sangat dibutuhkan untuk mengetahui beban sebenarnya dari Covid-19 ini dalam fasilitas layanan jangka panjang," ungkap salah satu peneliti Morgan Katz dari Johns Hopkins University, seperti dilansir Times Now News.

Biasanya, hanya orang-orang dengan gejala yang mendapatkan kesempatan untuk dites Covid-19. Pengetesan universal adalah pengetesan yang dilakukan untuk semua orang, tanpa melihat ada atau tidaknya gejala.

Dalam studi ini, tim peneliti melakukan pengetesan universal terhadap 893 laki-laki dan perempuan di Maryland, Amerika Serikat. Pengetesan universal yang dilakukan terhadap seluruh partisipan berhasil menjaring 354 orang yang positif Covid-19, sedangkan pengetesan yang hanya dilakukan pada partisipan bergejala cuma mampu menjaring 153 orang yang positif.

Dengan kata lain, hampir 40 persen dari total partisipan positif terhadap Covid-19. Akan tetapi, 281 orang atau mayoritas dari orang-orang yang positif Covid-19 merupakan penderita Covid-19 tak bergejala.

Dari hasil ini, terlihat bahwa pengetesan Covid-19 yang hanya menyasar orang-orang bergejala tidaklah cukup. Cara tersebut tak dapat memberikan gambaran yang nyata mengenai jumlah kasus sebenarnya di tengah masyarakat.

"Hasil ini menyorot pentingnya pengetesan universal," ungkap ketua tim peneliti Benjamin Bigelow.

Tanpa pengetesan universal, penderita Covid-19 tanpa gejala bisa berada di tengah masyarakat tanpa diketahui dan menularkan penyakit. Hal ini dapat menghambat beragam upaya pencegahan yang dilakukan untuk menekan kasus Covid-19.

"Itu juga meningkatkan risiko dari virus ini untuk menyebar secara berbahaya," papar Bigelow.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:36:28 WIB

    Mulai Turun, Benarkah Puncak Covid-19 di Indonesia Sudah Lewat?

    Mulai Turun, Benarkah Puncak Covid-19 di Indonesia Sudah Lewat? HARIANHALUAN.COM- Mulai pertengahan bulan ini, jumlah kasus aktif atau pasien Covid-19 dalam perawatan terus mengalami penurunan. Bahkan jumlah kasus aktif telah turun 9,02% dalam kurun waktu 2 pekan. Hal ini memberikan harap.
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 06:56:39 WIB

    Orang Pendek Susah Turunkan Berat Badan, Benar Nggak Sih?

    Orang Pendek Susah Turunkan Berat Badan, Benar Nggak Sih? HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan bukan sesuatu yang dapat dimengerti secara sederhana. Setiap orang memiliki tingkat kesulitan menurunkan berat badan yang berbeda-beda.Sejumlah faktor pembeda meliputi usia, jenis kel.
  • Ahad, 13 September 2020 - 19:50:15 WIB

    Luka Dioles Air Liur Cepat Sembuh, Benar Gak Sih?

    Luka Dioles Air Liur Cepat Sembuh, Benar Gak Sih? HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang mungkin suka mengoleskan air liur pada bagian tubuh yang terluka. Air liur boleh jadi diyakini membantu untuk menyembuhkan luka..
  • Sabtu, 05 September 2020 - 10:03:32 WIB

    Benarkah Anak Lahir Caesar Tak Punya Daya Tahan Tubuh yang Kuat?

    Benarkah Anak Lahir Caesar Tak Punya Daya Tahan Tubuh yang Kuat? HARIANHALUAN.COM - Selama ini, beredar rumor bahwa anak-anak yang lahir melalui prosedur persalinan caesar disebut memiliki sistem kekebalan tubuh tak sekuat mereka dengan kelahiran pervaginaan. Benarkah pendapat ini?.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:58:12 WIB

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar

    Jangan Salah Lagi, Begini Cara Melepas Masker yang Benar HARIANHALUAN.COM - Duke University School of Medicine memberikan cara menyimpan masker saat dibutuhkan dan memastikannya tetap steril. Kenapa ini penting, karena banyak yang melepas masker asal-asalan..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]