Pemprov Sumbar Sosialisasikan Perda Penyelenggaraan Pariwisata Halal di Pessel


Jumat, 17 Juli 2020 - 20:41:09 WIB
Pemprov Sumbar Sosialisasikan Perda Penyelenggaraan Pariwisata Halal di Pessel Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumbar, Muchlis Yusuf Abit tengah menyampaikan arahan dihadapan peserta sosialisasi Perda No 1 tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal, di Aula Bapedalitbang di Sago Painan.  M Joni

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah daerah Provinsi Sumbar melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat  Nomor 1 tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal oleh anggota Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua Komisi V DPRD Sumbar Muchlis Yusuf Abit, di Aula Bapedalitmabang di Sago,Jumat( 17/7).

Ketuai Komisi V DPRD Sumbar Muchlis Yusuf Abit beserta beberapa anggota memaparkan Perda No 1 tahun 2020 tersebut, dimaksud penyebarluaskan informasi kepada publik  serta  menambah  wawasan pengetahun bagi pemangku kepentingan (Stakeholder)tentang peraturan daerah tersebut.

Baca Juga : Bupati Agam Ingin Aturan Zonasi Dibahas Khusus

Menurutnya, Masyarakat Sumatera Barat  mayoritas muslim, maka timbul inisiatif pemerintah, terutama  anggota DPRD Provinsi Sumbar, dalam pelaksanaan parawisata di Sumbar tentu ada aturan yang bisa menunjang  dan meningkatkan produk bisnis  dengan membuat  suatu  payung hukum terhadap parawisata  yaitu, Perda Nomor 1 tahun 2020. tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal.

Menurutnya, wisata halal sebuah pilihan bisnis yang menjanjikan didukung oleh potensi alam , budaya masyarakat serta faslitas  yang bernuasa religi  yang dimiliki oleh masyarakat daerah ini yang  dikenal dengan filosofi’Adat Basandi Sara’, Sara’ Basandi Kitabulah”.

Baca Juga : Penyaluran BST Kemensos Hari Terakhir, Rp402 Juta Lebih Dikucurkan untuk 671 Warga

Penyelenggaraan Parawisata Halal, merupakan parawisata dengan konsep  destinasi ramah muslim, dengan mendukung ketersedian produk dan jasa wisata bagi wisatawan muslim dan wisata lainnya. Kemudian para wisata Halal diberikan untuk memenuhi pengalaman, kebutuhan, dan keinginan masyarakat muslim oleh dunia usaha, masyarakat dan pemerintah.

Bupati Pesisir Selatan H Hendrajoni diwakili ketua Bapedalitbang Pessel Yosky Wadri mengatakan,parawisata  halal merupakan parawisata  yang memiliki nilai- nilai islam, dalam setiap aktifitas wisatawan, bahkan makna wisata  halal  sangat luas yang tidak hanya terpokus kepada objekwisatanya saja, tetapi juga ada perjalanan dan fasilitas lainnya.

Baca Juga : TSR VI Kunjungi Masjid Nurul Amri, Sekdako Sonny: Wahana Bangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

"Dengan telah ditetapkan peraturan daerah provinsi Sumbar,nomor 1 tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal, sangat erat kaitannya  dengan visi dan misi kabupaten Pesisir Selatan yakni, terwujudnya masyarakat mandiri,unggul, agamais dan  sejahtera," kata Yosky.

Keberadaan  peraturan daerah tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan nilai- nilai keagalaman, khususnya  di kabupaten Pesisir Selatan, kemudian keberadaan  parawisata halal akan dapat memancing bisnis para pelaku wisata, sedangkan disegi fasilitas masih banyak peluang bisnis yang belum dikembangkan di daerah ini.

Baca Juga : Kunjungi Masjid Jihadu Walidaina, TSR V Serahkan Bantuan Rp20 Juta

Kegiatan  sosialisasi tersebut di ikuti oleh Staf Ahli bupati, Camat, Wali Nagari dan masyarakat yang memiliki kepentingan, kemudian para peserta  yang hadir  dalam kegiatan tersebut juga    dilakukan tanya jawab oleh anggota Komisi V DPRD  Provinsi Sumbar untuk kemajuan daerah Pesisir Selatan. (*)

 

Reporter : M Joni | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]