Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya Imbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan


Jumat, 17 Juli 2020 - 22:04:15 WIB
Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya Imbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengimbau warga daerah itu selalu patuhi standar protokol kesehatan guna mengantisipasi kembali meluasnya sebaran virus pandemi dunia itu. 

"Sejak memasuki fase kenormalan baru atau new normal, kami melihat kesadaran masyarakat menggunakan masker semakin melemah, " Ungkap juru bicara gugus tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Jum'at (17/07). 

Ia mengatakan, sejauh pengamatan pihaknya banyak ditemukan warga yang menggunakan masker secara tidak benar bahkan ada yang sudah tidak lagi memakai masker saat berada di luar rumah atau di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan lain sebagainya. 

Hal itu, lanjutnya, akan membuka potensi penyebaran yang lebih luas lagi pasca telah terkonfirmasinya sebanyak delapan kasus positif baru yang merupakan kasus konfirmasi tanpa gejala. 

"Untuk itu, bersama ini kami minta jajaran gugus tugas tingkat kecamatan dan nagari agar lebih menekankan penerapan standar protokol kesehatan yang berlaku bagi setiap orang dalam wilayah kerja masing-masing, " Pintanya. 

Selain itu, lanjutnya, bagi masyarakat atau pendatang baru yang berasal dari daerah dengan status zonasi tidak hijau, diminta melaporkan kedatangannya dan diwajibkan bersedia untuk dilakukan tindakan pencegahan penyebaran berupa swab test dan diisolasi jika telah diduga memiliki gejala atau dinyatakan positif terpapar virus Covid-19. 

"Jangan panik dan tetap laksanakan seluruh imbauan serta aturan pemerintah terkait penanganan Covid-19 dengan kesadaran tinggi, sering-sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan yang terpenting hindari kegiatan berkumpul-kumpul karena pandemi belum selesai, " Tutupnya. 

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi lima kasus positif baru masyarakat yang terpapar virus Covid-19.

"Empat diantaranya tercatat sebagai petugas medis dan staf Puskesmas Padang Laweh, Kecamatan Padang Laweh," Kata Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Jum'at (17/07). (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]