Sumbar Berhasil Kendalikan Covid-19, Irwan Prayitno: Kita Menerapkan Standar WHO


Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:31:25 WIB
Sumbar Berhasil Kendalikan Covid-19, Irwan Prayitno: Kita Menerapkan Standar WHO Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo Rabu kemarin sebut Sumbar menjadi lima provinsi  terbaik menanganani Covid-19. Sukses kendalikan virus corona di Sumbar menurut Gubernur Irwan Prayitno tidak lepas dari solidnya tim Gugus Tugas Daerah, para media dan akademisi serta support TNI dan Polri di Sumbar.

Pasalnya, sejak 22 Maret kasus pertama hingga 26 Mei, Sumbar disebut menjadi provinsi keempat terbanyak positif Covid-19 dan pasien positif paling banyak di Sumatera. Sejak itu, Pemprov terus melakukan koordinasi dengan para medis dan ahli epdemiologi. "Kita mengikuti pedoman Kemenkes RI yang mengadopsi pengananganan covid-19 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO)," kata Irwan. 

"Peran laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand dipimpin dr Andani Eka Putra serta kerja keras dokter dan para medis melakukan pengambilan sample swab. Sehingga  3T ditekankan pak presiden Sumbar sebenarnya sejak awal sudah melakukan,” tambah Irwan.

Selain itu, tracing masif, tracink Cepat, testing dan treatment juga sudah diterapkan Sumbar untuk memutus dan mengendalikan penyebaran Covid-19. Menurut Irwan Prayitno, solidnya tim Gugus Tugas Daerah se-Sumbar, didukung penuh Polri dan TNI menjadi kunci. Dampak positifnya, penerapan ketat Pembatasan Sosial Berskala Besar dan menerapkan pembatasan ketat pelintas orang dari pintu batas Sumbar berjalan maksimal.

“Tapi, sekali pun hari ini postivity rate Sumbar terkecil di Indonesia. Saya tetap imbau masyarakat untuk tidak lengah, terus terapkan dengan dsiplin protokol kesehatan, pakai masker tang benar, rajin cuci tangan dan jaga jarak serta hindari kerumunan orang,” ujar Irwan Prayitno.

Menurut Gubernur Sumbar ini, kunci mengendalikan virus korona adalah disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehataan. ”Walau di Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Kita terus melakukan sosilaisasi untuk memberikan pemahaman bahwa virus korona belum ada obatnya. Jadi mesti angka positif penambahannya sedikit, waspada harus terus,” jelasnya. (*)

loading...
Reporter : Agoes Embun /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]