Takut Kesulitan Bernapas Karena Bermasker, Ini Caranya Biar Nyaman


Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:31:23 WIB
Takut Kesulitan Bernapas Karena Bermasker, Ini Caranya Biar Nyaman ilustrasi masker

HARIANHALUAN.COM - Kini semua orang diwajibkan memakai masker ketika berpergian keluar rumah untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19. Hal ini menjadikan masker sebagai kebutuhan utama setiap orang. Tapi, beberapa orang mungkin menolak atau tidak tahan memakai masker, karena risih atau alasan lain. Bagi beberapa orang dengan kecemasan, pemakaian masker juga bisa membuat mereka kesulitan bernapas.

Kondisi ini bisa memicu klaustrofobia dan menambah stres saat mereka keluar dalam situasi yang tegang. Pastinya, kondisi ini sangat tidak nyaman di tengah pandemi. Karena itu dilansir dari Metro UK, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar seseorang nyaman dan tenang saat pakai masker.

1. Latihan pakai masker sebelum pergi
Cara terbaik pertama adalah latihan memakai masker yang lebih aman dan nyaman sebelum berpergian. Anda bisa mencoba memakai masker sambil beraktivitas di rumah. "Satu latihan yang bermanfaat sebelum pergi adalah berlatih memakai masker selama 2 menit di rumah. Cara ini bisa membantu meningkatkan rasa nyaman dan aman. Setelah 2 menit, Anda bisa melepasnya dan memulai lagi latihannya dengan meningkatkan durasinya," kata Dr Ali Shakir dari Harley Health Centre.

Setelah Anda merasa nyaman memakainya, Anda bisa mengenakannya sambil melakukan aktivitas, seperti memasak atau pekerjaan rumah lainnya. Saat Anda bisa mengenakan dan mengontrolnya tanpa melepas masker. Maka Anda bisa mengenakan masker untuk berpergian ke luar rumah.

2. Pilih model masker yang paling tepat
Langkah kedua, Anda perlu memilih model masker yang tepat, aman dan nyaman. Beberapa masker mungkin bisa menutup bagian hidung, mulut dan wilayah sekitarnya. Tapi, ada pula masker yang tidak bisa menutup bagian dagu dan area sekitarnya. Kondisi ini tentu tidak nyaman sekaligus bisa memicu penularan virus corona. Bagi pemakai kacamata, pastikan pula Anda memakai masker yang tidak menyebabkan kacamata beruap untuk mengatasi kecemasan.

3. Latihan bernapas memakai masker
Setelah latihan memakai masker, Anda bisa latihan bernapas yang nyaman selama memakai masker. Anda juga perlu membiasakan diri bernapas dari balik masker untuk membantu diri tetap tenang. Jika Anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan masalah pernapasan, maka mereka bisa memilih tidak mengenakan masker. Anda bisa memulai latihannya dengan mengambil 5 napas dan ubah pola pernapasan yang lambat.

4. Visualisasi
Dr Ali Shakir, juga merekomendasikan menggunakan teknik visulisasi untuk membuat Anda merasa lebih nyaman. Dalam kata lain, pemakaian masker bisa mengalihkan pikiran Anda. Padahal baiknya Anda memperhatikan hal-hal lain untuk melindungi diri, seperti lingkungan. (*)

loading...
 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]