Begini Cara yang Dilakukan Pengusaha Kuliner agar Tak Bangkrut saat Pandemi


Sabtu, 18 Juli 2020 - 17:12:38 WIB
Begini Cara yang Dilakukan Pengusaha Kuliner agar Tak Bangkrut saat Pandemi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Inovasi sangat dibutuhkan saat berbisnis kuliner di tengah pandemi Covid-19. Karena pada masa ini banyak pelaku bisnis terpaksa harus mengibarkan bendera putih dalam melanjutkan bisnisnya. 

Karenanya, untuk tetap bertahan, sejumlah perusahaan bisnis waralaba di bidang kulilner seperti F&B (Food & Beverage) mulai menjalankan strategi bisnis yang tidak biasa. Semua dilakukan semata-mata demi berlangsungnya bisnis yang berkelanjutan.

Meski banyak pelaku usaha kuliner bangkrut,  tak sedikit pengusaha muda justru dapat bertahan. Bahkan di era pandemi, banyak bisnis kuliner baru bermunculan dengan inovasi baru. 

CEO & Owner Solomon Utama Kama Sulaiman mengatakan, pelaku usaha tidak boleh hanya sekadar berharap bahwa semua akan kembali normal seperti pre-Covid-19.

"Kita harus bisa fleksibel dan beradaptasi untuk market new normal,” beber Kama lewat keterangan resmi Pick Up.

Kama menjelaskan, saat ini konsep Quick Serve Retail (QSR) paling diminati di dunia usaha kuliner. Karenanya, konsep ini dianggap memenuhi syarat higenis dan physical distancing, sesuai saran pemerintah RI.

“QSR adalah masa depan F&B, konsep yang man-power rendah, biaya operasional rendah dan berpeluang tinggi,” katanya.

Konsep bisnis kuliner ini biasanya dipakai oleh pelaku kuliner yang menjual minuman kemasan kekinian. Anda hanya membutuhkan gerai kecil dan menjual minuman dengan konsep take away.

Dengan konsep seperti ini, menurut Kama, pelaku usaha kuliner tetap mudah menjalankan protokol kesehatan, serta menjaga keselamatan.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:56:03 WIB

    Tumbang! Nikon Indonesia Tutup, Begini Kondisi Perusahaannya

    Tumbang! Nikon Indonesia Tutup, Begini Kondisi Perusahaannya HARIANHALUAN.COM - Nikon Indonesia tutup dan telah berpamitan dari Tanah Air, berhenti beroperasi. Tidak disebutkan apa alasan Nikon, namun mungkin terkait persaingan bisnis yang makin ketat, terutama dengan smartphone yang k.
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 13:21:11 WIB

    Begini Rincian Hitungan Pesangon Pensiun dalam UU Ciptaker

    Begini Rincian Hitungan Pesangon Pensiun dalam UU Ciptaker HARIANHALUAN.COM - Undang-undang (UU) Cipta Kerja (Omnibus Law Ciptaker) yang sudah disahkan parlemen pada Senin (5/10/2020) dalam Sidang Paripurna DPR, ternyata memuat adanya perubahan mengenai pesangon yang diterima pekerja.
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:18:06 WIB

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit HARIANHALUAN.COM - Industri farmasi dan rumah sakit menghadapi tantangan yang cukup berat di era pandemi Covid-19 seperti ini. Masyarakat yang menunda kunjungan ke rumah sakit menekan penjualan obat-obatan dan pemasukan dari .
  • Senin, 28 September 2020 - 14:09:03 WIB

    Resesi Sudah Tiba, Begini Jeritan Pengusaha Mal

    Resesi Sudah Tiba, Begini Jeritan Pengusaha Mal HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengaku, bahwa bagi pelaku usaha pusat perbelanjaan telah merasakan resesi ekonomi dalam beberapa bulan terakhir. .
  • Rabu, 23 September 2020 - 12:14:54 WIB

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair HARIANHALUAN.COM - Peneliti BB Pascapanen, Agus Budiyanto mengatakan kebutuhan gula di Indonesia makin lama makin meningkat. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan secara maksimal sumber gula d.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]