Begini Cara yang Dilakukan Pengusaha Kuliner agar Tak Bangkrut saat Pandemi


Sabtu, 18 Juli 2020 - 17:12:38 WIB
Begini Cara yang Dilakukan Pengusaha Kuliner agar Tak Bangkrut saat Pandemi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Inovasi sangat dibutuhkan saat berbisnis kuliner di tengah pandemi Covid-19. Karena pada masa ini banyak pelaku bisnis terpaksa harus mengibarkan bendera putih dalam melanjutkan bisnisnya. 

Karenanya, untuk tetap bertahan, sejumlah perusahaan bisnis waralaba di bidang kulilner seperti F&B (Food & Beverage) mulai menjalankan strategi bisnis yang tidak biasa. Semua dilakukan semata-mata demi berlangsungnya bisnis yang berkelanjutan.

Meski banyak pelaku usaha kuliner bangkrut,  tak sedikit pengusaha muda justru dapat bertahan. Bahkan di era pandemi, banyak bisnis kuliner baru bermunculan dengan inovasi baru. 

CEO & Owner Solomon Utama Kama Sulaiman mengatakan, pelaku usaha tidak boleh hanya sekadar berharap bahwa semua akan kembali normal seperti pre-Covid-19.

"Kita harus bisa fleksibel dan beradaptasi untuk market new normal,” beber Kama lewat keterangan resmi Pick Up.

Kama menjelaskan, saat ini konsep Quick Serve Retail (QSR) paling diminati di dunia usaha kuliner. Karenanya, konsep ini dianggap memenuhi syarat higenis dan physical distancing, sesuai saran pemerintah RI.

“QSR adalah masa depan F&B, konsep yang man-power rendah, biaya operasional rendah dan berpeluang tinggi,” katanya.

Konsep bisnis kuliner ini biasanya dipakai oleh pelaku kuliner yang menjual minuman kemasan kekinian. Anda hanya membutuhkan gerai kecil dan menjual minuman dengan konsep take away.

Dengan konsep seperti ini, menurut Kama, pelaku usaha kuliner tetap mudah menjalankan protokol kesehatan, serta menjaga keselamatan.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 12:14:54 WIB

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair

    Antisipasi Krisis, Begini Cara Kementan Manfaatkan Singkong Jadi Gula Cair HARIANHALUAN.COM - Peneliti BB Pascapanen, Agus Budiyanto mengatakan kebutuhan gula di Indonesia makin lama makin meningkat. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan secara maksimal sumber gula d.
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:19:50 WIB

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Perbankan Buku 4 di BEI

    Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Perbankan Buku 4 di BEI HARIANHALUAN.COM - Sektor perbankan adalah salah satu sektor yang cukup disoroti di tengah pandemi covid-19. Data pertumbuhan PDB yang dirilis oleh BPS menunjukan bahwa pada triwulan II 2020, sektor jasa keuangan mengalami pe.
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:28:52 WIB

    Begini Cara Siapkan Dana Darurat Sebelum Resesi Terjadi

    Begini Cara Siapkan Dana Darurat Sebelum Resesi Terjadi HARIANHALUAN.COM - Jurang resesi ekonomi sudah di depan mata akibat dampak pandemi yang tak kunjung usai. Karena itu masyarakat harus mengalokasikan dana untuk dana darurat untuk mengantisipasi dampak tersebut..
  • Selasa, 08 September 2020 - 15:24:04 WIB

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19

    Begini Cara Mendapatkan Stimulus Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini stimulus covid-19 bulan september sudah dapat dinikmati pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA dan pelanggan Rumah Tangga 900 VA bersubsidi, Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA. .
  • Kamis, 03 September 2020 - 13:47:36 WIB

    Industri Properti Lesu, Begini Kinerja 5 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di BEI

    Industri Properti Lesu, Begini Kinerja 5 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di BEI HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) terkait perekonomian, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di Triwulan II Tahun 2020 minus 5,32% secara tahun ke tahun. Sektor real estat adalah satu dari.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]