Warga Klaten Geger, Ada Kelelawar Oranye yang Nyelonong Masuk Rumah


Sabtu, 18 Juli 2020 - 18:18:57 WIB
Warga Klaten Geger, Ada Kelelawar Oranye yang Nyelonong Masuk Rumah Kelelawar Orange yang nyelonong ke rumah warga di Klaten

KLATEN, HARIANHALUAN.COM - Warga Klaten dikagetkan dengan seekor kelelawar berwarna oranye yang nyelonong masuk ke rumahnya. Kelelawar oranye ini ternyata jenis pemakan serangga.

"Nama ilmiahnya, Kerivoula Picta. Memang ciri khas dari kelelawar ini adalah mempunyai pola warna yang unik," kata peneliti di Laboratorium Mamalia, Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sigit Wiantoro saat dihubungi detikcom, Sabtu (18/7/2020)

Sigit menerangkan populasi kelelawar ini kini semakin menurun. Sehingga kelelawar oranye ini termasuk jarang ditemui.

"Saat ini memang kelelawar jenis ini sudah agak jarang dijumpai. Populasi kelelawar jenis ini memang diprediksi semakin menurun," terangnya.

Sigit menerangkan keunikan kelelawar ini ada pada warna tubuhnya yakni oranye, dengan corak warna hitam di bagian sayap. Dia menyebut habitat kelelawar oranye ini ada di hutan.

"Habitatnya di hutan. Baik hutan primer maupun sekunder, perkebunan, bahkan bisa juga di lingkungan sekitar kita," terang Sigit.

Dia menerangkan kelelawar ini kadang kala dijumpai di gulungan daun pisang yang masih muda. Meski populasinya menurun, habitat kelelawar ini masih aman.

"Habitatnya masih ada, walaupun populasi kelelawar jenis ini memang diprediksi semakin menurun. Perubahan kondisi lingkungan, misalnya perusakan hutan dan alih fungsi lahan," ucap Sigit.

Selain perubahan lingkungan, kelelawar ini makin langka karena diburu.

"Perubahan lingkungan bisa menjadi salah satu faktor penurunan populasi kelelawar. Ditambah lagi perburuan kelelawar," jelas Sigit.

Sebelumnya diberitakan, kelelawar oranye ini ditemukan di rumah Anto Wibowo (35) di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten. Kelelawar ini mulanya ditemukan anak Anto, Naufal di kamarnya.

Anto menyebut di sekeliling rumahnya kini sudah jarang dijumpai pohon. Sehingga jarang ditemukan kelelawar di sekitar rumahnya.

"Di sini rumah sudah tidak ada yang pakai bambu yang bisa untuk sarang kelelawar. Di sini juga tidak banyak kelelawar," jelas Anto saat ditemui detikcom di rumahnya.

Seekor kelelawar berwarna oranye dengan corak hitam di sayap bikin kaget warga di Dusun Salak, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten.
Seekor kelelawar berwarna oranye dengan corak hitam di sayap bikin kaget warga di Dusun Salak, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten. 

Dia menyebut kelelawar yang biasa dia temukan yang berwarna hitam. Ada juga jenis kalong yang bentuknya kelelawar tapi besar, namun baru kali ini dia menemukan kelelawar oranye ini.

"Kalau kalong ada makan buah tapi tidak setiap saat ada. Sebab ada pohon matoa dan belimbing di dekat rumah," jelas Anto. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 25 Oktober 2020 - 18:15:03 WIB

    Warga DKI Makin Malas 3M, Anies Ancam Tarik Rem Darurat

    Warga DKI Makin Malas 3M, Anies Ancam Tarik Rem Darurat HARIANHALUAN.COM - Tim FKM dari UNICEF di DKI Jakarta melakukan pengamatan perilaku 3M dan terjadi penurunan tren kepatuhan pada perilaku memakai masker dari 75% pada 12 Oktober 2020 menjadi 71% pada 24 Oktober 2020..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 17:42:09 WIB

    Perihal UU Ciptaker, Dua Partai Ini Paling Disorot Negatif Warganet

    Perihal UU Ciptaker, Dua Partai Ini Paling Disorot Negatif Warganet HARIANHALUAN.COM – Analis media dari Kernels Indonesia Tomi Satryatomo mengatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar paling disorot negatif oleh warganet di media sosial terkait Undang-Undang Cip.
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:48:57 WIB

    Gunung Kerinci Keluarkan Asal Tebal, Warga Dengar Suara Guntur

    Gunung Kerinci Keluarkan Asal Tebal, Warga Dengar Suara Guntur HARIANHALUAN.COM - Gunung Kerinci yang terletak di Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci pada Sabtu (17/10/2020) pagi ini mengeluarkan asap tebal setinggi 200 Meter. Informasi yang berhasil dihimpun, asap tebal yang.
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 12:20:30 WIB

    Keren Abis! Warganet Taksir Outfit Jutaan Salah Satu Pendemo

    Keren Abis! Warganet Taksir Outfit Jutaan Salah Satu Pendemo HARIANHALUAN.COM - Demo penolakan RUU Cipta Kerja yang berlangsung pada Kamis (8/10/2020), masih menjadi salah satu perbincangan hangat di media sosial. Belakangan, beredar penampilan seorang pendemo yang engenakan pakaian, h.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 13:37:29 WIB

    Ini Keistimewaan untuk Warga Asing dalam UU Omnibus Law Cipta Kerja

    Ini Keistimewaan untuk Warga Asing dalam UU Omnibus Law Cipta Kerja HARIANHALUAN.COM - UU Omnibus Law Cipta Kerja telah disahkan lewat Sidang Paripurna DPR. Dalam UU Sapu Jagat ini beberapa pasalnya memberikan sederet keistimewaan bagi warga asing..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]