Kenapa Lampu Sein Mengeluarkan Suara ‘Tik-tik’, Penasaran?


Sabtu, 18 Juli 2020 - 20:09:51 WIB
Kenapa Lampu Sein Mengeluarkan Suara ‘Tik-tik’, Penasaran? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM – Saat mengendarai mobil dan menyalakan lampu sein, sebagian kita mungkin bertanya-tanya: mengapa indikator yang berkedip menghasilkan suara ‘tik-tik’ yang seirama? Padahal, kalau diperhatikan, komponen pencahayaan lain bisa tetap menyala tanpa menghasilkan bebunyian.

Disitat dari laman Mental Floss, Sabtu 18 Juli 2020, keberada lampu sein sudah ada sejak 1930 silam. Produsen mobil asal Amerika Serikat, Buick adalah yang pertama kali menanamkannya di kendaraan dan menjadikan komponen tersebut peranti wajib. Kala itu, bunyi yang ditimbulkan saat mengaktifkan lampu sein berasal dari panas.

Saat pengemudi menyalakan lampu sein, perangkat elektronik pada mobil akan memanaskan per bimetalik yang membuatnya bersentuhan dengan potongan logam berukuran kecil. 

Ketika dua komponen itu saling bersentuhan, arus listrik akan mengalir dan memberikan tenaga untuk menyalakan lampu sein. Kemudian per bimetalik akan kembali ke kondisi seperti semula, dan prosesnya akan terus berulang hingga menimbulkan bunyi. 

Kini, seiring berkembangnya teknologi, perpindahan per tidak lagi menggunakan panas, melainkan sinyal elektronik yang dialirkan ke elektromagnet melalui chip.

Sebenarnya, bunyi gemeritik tersebut bisa saja dihilangkan dari mobil modern. Namun, menurut sebagian besar produsen otomotif, bunyi itu masih perlu dipertahankan, supaya pemilik kendaraan tidak lupa mematikannya. Menarik sekali, bukan?. (*)

loading...
 Sumber : 100KJP.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 April 2020 - 09:44:49 WIB

    Kenapa Semua Lap Mobil Disebut Kanebo? Ini Alasannya

    Kenapa Semua Lap Mobil Disebut Kanebo? Ini Alasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada banyak istilah kurang tepat dalam dunia otomotif, salah satunya adalah Kanebo untuk menyebut lap bodi mobil berwarna kuning yang mudah menyerap air. Menyebut lap itu sebagai Kanebo sama seperti.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 10:24:42 WIB

    Lebihkan Tekanan Angin Ban Serep Disarankan, Kenapa?

    Lebihkan Tekanan Angin Ban Serep Disarankan, Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak yang mengatakan tekanan angin ban lebih hingga 2 psi aman. Ternyata memang benar lho, bahkan bisa dikatakan perilaku tersebut terbilang aman dan tidak membahayakan..
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 11:03:06 WIB

    Kenapa Setir Bentuknya Bulat?

    Kenapa Setir Bentuknya Bulat? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setir atau roda kemudi punya desain yang tak banyak berubah. Wujudnya tetap berbentuk lingkaran. Dikutip dari laman CarfromJapan, ada tiga alasan bakal kenapa mobil dengan roda kemudi lingkaran leb.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]