7 Trik Agar Bahan Bakar Mobil Lebih Irit


Sabtu, 18 Juli 2020 - 20:22:56 WIB
7 Trik Agar Bahan Bakar Mobil Lebih Irit Dok 100kpj.com

HARIANHALUAN.COM – Setiap mobil memiliki kapasitas mesin, serta teknologi yang berbeda-beda. Sehingga konsumsi bahan bakar dari setiap mobil tidak akan sama, tergantung dari volume mesin, serta fitur-fitur yang ada di  dalam mobil tersebut.

Namun ada beberapa faktor yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, diantaranya gaya berkendara, hingga kondisi mobil tersebut. Lantas gimana caranya agar bahan bakar lebih irit, sehingga jarang mampir ke SPBU?.

Dilansir dari situs resmi Toyota Indonesia,ada 7 trik jitu agar mobil tetap irit bahan bakar. Yang pertama antisipasi lalu lintas, karena dengan pengereman tiba-tiba, serta akselerasi mendadak banyak bahan bakar yang terbuang.

Yang kedua perhatikan batas kecepatan, sebab jika terus melaju di atas 80 km/jam bahan bakar yang terbuang jadi lebih banyak. Tapi semakin lama mobil tersebut cruising di kecepatan tetap maka semakin irit, namun sulit diterapkan di kota-kota besar.

Sebab kondisi jalan di Indonesia terutama di kota-kota sering terjadi kemacetan, maka cukup sulit mendapatkan kecepatan stabil. Karena kondisi stop and go juga membuat mobil semakin boros, meski mobil tidak berjalan, namun memang tetap hidup.

Cara ketiga adalah mengurangi beban kendaraan, karena setiap penambahan beban 50 kilogram konsumsi bahan bakar meningkat dua persen. Biasanya efek yang paling terasa untuk ukuran mobil kompak dengan power mesin yang kurang memadai.

Keempat kurangi berkendara di jam sibuk, maka rencanakan perjalanan dengan baik. Cobalah pergi dan pulang kantor diluar di jam sibuk, misalnya pergi lebih pagi atau pulang pada jam malam. Manfaatkan peta digital untuk mencari jalan yang tidak terlalu macet.

Kelima, jangan memanaskan mobil berlebihan. Sebab mobil injeksi sudah dibenamkan teknologi canggih dan mesin yang presisi, sehingga tidak perlu repot lagi memanskan mesin. Jika ingin memanaskan mobil cukup 30 detik sampai satu menit saja.

Yang keenam, batasi penggunaan AC karena sistem kerja kompresor memakan tenaga mesin sehingga bahan bakar lebih boros. Maka usahakan parkir mobil di tempat teduh, sehingga saat mobil digunakan tidak butuh daya AC yang berlebih untuk mendinginkan kabin.

Ketujuh usahakan mobil selalu servis rutin dengan mengganti oli mesin, periksa kondisi ban, mengatur komputer mesin atau ECU, periksa kondisi minyak rem dan kopling. Jika mobil tetap prima, mesin bekerja optimal dan dapat menekan konsumsi bahan bakar. (*)

loading...
 Sumber : 100KJP.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 20:49:59 WIB

    Mobil Listrik di China Ini Hanya Dibanderol Rp 75 Juta

    Mobil Listrik di China Ini Hanya Dibanderol Rp 75 Juta HARIANHALUAN.COM - General Motors Co. yang biasa memproduksi truk dan mobil besar, tiba-tiba memberi kejutan dengan merilis kendaraan listrik (electric vehicle/EV) mungil di China. Harga mobil listrik saingan Tesla itu hanya .
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:20:11 WIB

    Rayakan Scudetto, Ronaldo Beli Bugatti Centodieci Hitam Putih Seharga Rp 137 M

    Rayakan Scudetto, Ronaldo Beli Bugatti Centodieci Hitam Putih Seharga Rp 137 M HARIANHALUAN.COM - Kabar terbaru mengkonfirmasi bahwa Cristiano Ronaldo telah melakukan transaksi atas pembelian Bugatti Centodieci dan ia memesan mobil barunya itu dengan kombinasi dua warna khas Juventus atau hitam putih..
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 12:11:37 WIB

    7 Model Pelat Nomor Kendaraan yang Bakal Ditilang Polisi saat Melaju di Jalan Raya

    7 Model Pelat Nomor Kendaraan yang Bakal Ditilang Polisi saat Melaju di Jalan Raya HARIANHALUAN.COM - Siap-siap bagi pengendara sepeda motor maupun mobil, pasalnya jajaran polisi bakal menggelar operasi patuh singgalang. Nah, salah satu yang diincar pelat nomor kendaraan. Jika salah memodifikasi, bakal dibe.
  • Senin, 06 Juli 2020 - 20:59:46 WIB

    10 Mobil Bekas dengan Harga Rp70 Jutaan, Ada Ayla hingga CRV

    10 Mobil Bekas dengan Harga Rp70 Jutaan, Ada Ayla hingga CRV HARIANHALUAN.COM - Harga mobil bekas semakin terjangkau. Tak heran, banyak orang suka membeli mobil bekas karena harga lebih bersahabat.  Apalagi, bagi calon pembeli yang tidak mau repot-repot kredit mobil baru biasanya mem.
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 19:13:35 WIB

    Diskon Motor Baru Honda, Ada yang Sampai Rp7,5 Juta

    Diskon Motor Baru Honda, Ada yang Sampai Rp7,5 Juta HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mencanangkan fase normal baru dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala, namun tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, guna menguran.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]