Kunci dalam Menekan Virus Corona di Sumbar, Dr Andani : Perkuat Tracing dan Periksa Sampel Sebanyak-banyaknya


Sabtu, 18 Juli 2020 - 23:01:10 WIB
Kunci dalam Menekan Virus Corona di Sumbar, Dr Andani : Perkuat Tracing dan Periksa Sampel Sebanyak-banyaknya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr Andani Eka Putra mengatakan bahwa keberhasilan Sumbar dalam menekan angka penyebaran virus corona tidak terlepas dari padunya semua lini dalam penanganan Covid-19. 

"Mulai dari tracing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan hingga pengecekan spesimen di lab Unand yang mencapai lebih dari 2.000 sampel perhari," katanya Sabtu (18/7/2020).

Selain itu, upaya treatment juga dilakukan pada pasien positif Covid-19, dimana kasus virus corona di Sumbar di dominasi oleh mereka yang masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala di berbagai lokasi karantina. Selain itu, keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 di dukung penuh oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Dr Andani Eka Putra juga memperkenalkan metode pool test dalam melakukan pemeriksaan spesimen, sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat dapat diketahui hasilnya. Ini penting dilakukan lantaran cepatnya pemeriksaan dilakukan, maka akan semakin banyak orang khususnya OTG dapat dilacak, ditangani dan dirawat dengan tepat.

Atas dasar itu pula, dr Andani berbagi pengalamannya di lab di Jawa Timur pada Gubernur dan pemangku kepentingan setempat. Di daerah tersebut, Ia melihat angka kematian cukup tinggi dan itu menandakan bahwa kasus sedang menanjak naik. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tracing secara cepat serta melanjutkannya dengan pemeriksaan sampel sebanyak-banyaknya, sehingga dapat mempercepat pemutusan mata rantai.

Mengenai hal tersebut, Rektor Universitas Andalas, Yuliandri mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengapresiasi Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi (PDRPI) FK Unand, sebagai Lab Rujukan Nasional untuk Pemeriksaan Covid-19 di Sumatera Barat.

Ia mengatakan bahwa Sumatera Barat senantiasa berupaya memutus rantai penularan. Metode ini dilakukan dengan cara menangkap orang yang berpotensi sebagai penular terutama kelompok tanpa gejala (silent spreader). Peran ini, tidak terlepas dari dukungan semua unsur baik Kemenkes, BNPB, serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan stake holders lainnya, yang memberikan berbagai fasilitas serta bantuan untuk menunjang operasional dan kinerja lab.

Laboratorium yang dipimpin Dr Andani, dalam pelaksanaanya memiliki tenaga utama yakni mahasiswa S3 dan S2 Biomedik FK Unand serta 10 orang dosen Fakultas Kedokteran Unand yang berminat bergabung bersama-sama (enam orang Doktor dan 10 mahasiswa S3 Biomedik FK Unand). Total tenaga sebanyak 60 orang yang dibagi dalam tiga hingga empat shift kerja dengan total masa kerja maksimal 24 jam per hari. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 12:13:53 WIB

    Antisipasi Corona, Nasrul Abit: Kuncinya Jaga Pola Hidup Sehat..!

    Antisipasi Corona, Nasrul Abit: Kuncinya Jaga Pola Hidup Sehat..! PADANG, HARIANHALUAN.COM- Pola hidup sehat terus dicontohkan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Apalagi di tengah kecemasan sebagian masyarakat akan virus Corona saat ini..
  • Senin, 17 Februari 2020 - 13:13:40 WIB

    Nasrul Abit: Komunikasi Kunci Pembangunan Daerah

    Nasrul Abit: Komunikasi Kunci Pembangunan Daerah PADANG, HARIANHALUAN.COM — Komunikasi yang terjalin baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat merupakan faktor penting yang menentukan kemajuan suatu daerah. Terlebih bagi Sumatera Barat, yang hingga saat ini ma.
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:04:27 WIB

    Pemahaman Mitigasi Jadi Kunci

    Pemahaman Mitigasi Jadi Kunci PADANG, HARIANHALUAN.COM – Evakuasi saat terjadinya gempa dan/atau tsunami harus menjadi tindakan reflek yang dilakukan oleh warga yang tengah terancam jiwanya. Pemahaman masyarakat terhadap mitigasi atau serangkaian upaya .
  • Kamis, 19 April 2018 - 08:54:16 WIB

    Dihapus dari Postur APBD Dana Rajawali “Terkunci”

    Dihapus dari Postur APBD  Dana Rajawali “Terkunci” PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mimpi pelajar Sumbar untuk menerima beasiswa yang bersumber dari Dana Rajawali sebesar Rp80 miliar  di tahun 2018 ini sepertinya akan buyar. Dana sebesar itu ternyata sudah dikeluarkan dari postu.
  • Senin, 17 Juli 2017 - 00:30:21 WIB

    JK Berikan Tiga Kunci Lemahkan Orang Minang

    JK Berikan Tiga Kunci Lemahkan Orang Minang PADANG, HARIANHALUAN.COM– Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla, memberikan tiga trik untuk melemahkan orang Minangkabau. Menurutnya, jika ingin melemahkan orang Minang cukup dengan tiga cara saja. Yaitu rusak pendidikannya,.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]anhaluan.com