Penantian Panjang 16 Tahun, Leeds United Comeback ke Premier League


Ahad, 19 Juli 2020 - 13:50:03 WIB
Penantian Panjang 16 Tahun, Leeds United Comeback ke Premier League Selebrasi pemain Leeds United

HARIANHALUAN.COM - Leeds United akhirnya bisa merasakan kembali kompetisi Premier League atau kasta tertinggi Liga Inggris setelah 16 tahun absen. Leeds United menjadi tim pertama Championship Division yang memastikan promosi ke Premier League musim 2020-2021. Satu tiket promosi langsung lainnya bakal diperebutkan oleh West Brom, Bentford dan Fulham.

Leeds memastikan promosi usai saingan terdekat mereka West Bromwich Albion kalah 1-2 di markas Hudderfield Town, Jumat (17/7/2020). Kekalahan di John Smith Stadium membuat poin The Baggies tertahan di angka 82 dari 45 laga. West Brom yang berada di urutan kedua sudah tak mungkin mengejar Leeds United yang mengumpulkan 87 angka dari 44 laga di puncak klasemen Championship Division sebab mereka hanya menyisakan satu laga lagi.

Baca Juga : Pelatih Favorit dan Kemandirian Ala Pemain Garuda Select Saat di Inggris

Selain tiket promosi langsung, Leeds United juga semakin dekat dengan gelar juara divisi kedua Liga Inggris musim ini jika mampu meraih minimal satu poin atas Derby County di laga selanjutnya. Hanya Brentford yang kini mengumpulkan 81 poin dari 44 laga yang masih punya peluang menyalip Leeds United dalam perebutan gelar juara.

Butuh dua musim bagi Bielsa untuk membawa Leeds United ke kasta teratas Liga Inggris. Musim lalu, Leeds United hanya mampu finis di urutan ketiga meski mereka punya kesempatan untuk promosi tetapi gagal pada semifinal laga play-off melawan Derby County. Leeds United terakhir kali berlaga di kasta tertinggi Liga Inggris pada musim 2003/2004.

Baca Juga : Ini Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Eropa 2020-2021: Napoli dan Bayer Leverkusen Tersingkir

Dalam rentang 16 tahun tersebut, Leeds United bahkan pernah terperosok ke League One pada 2007. Mereka baru kembali ke Championship Division pada 2010. Sejak terdegradasi, masalah finansial selalu menghantui Leeds United. Leeds United di masa lalu merupakan kekuatan yang cukup disegani di Liga Inggris.

Mereka berhasil meraih gelar Premier League sebanyak tiga kali serta satu gelar Piala FA. Mereka juga sempat menembus semifinal Liga Champions 2001. (*)

Baca Juga : Goweser Pessel Taklukkan Puncak Sako dan Tanjakan Sungai Penuh

Editor : Agoes Embun | Sumber : Haluan Media Group
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]