Dharmasraya Konfirmasi Ratusan Sampel Kasus Kontak Erat Negatif Covid-19


Ahad, 19 Juli 2020 - 16:02:12 WIB
Dharmasraya Konfirmasi Ratusan Sampel Kasus Kontak Erat Negatif Covid-19 ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengkonfirmasi sebanyak 204 hasil uji sampel swab test terhadap kasus kontak erat dengan pasien kasus konfirmasi tanpa gejala di daerah itu dinyatakan negatif Covid-19. 

"Hasil tersebut diterbitkan secara resmi dan tertulis oleh Laboratorium Biomedik Riset Terpadu Pusat Diagnostik dan Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang yang merupakan sampel hasil tracking kontak erat dengan pasien 23, 24 dan 25," ungkap juru bicara gugus tugas tersebut, dr Rahmadian di Dharmasraya, Minggu (19/7/2020). 

Tiga pasien tersebut, lanjutnya, merupakan 3 kasus konfirmasi tanpa gejala yang terdeteksi saat pelaksanaan uji swab terhadap calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) oleh pihak Komisi Pemilihan Umum setempat dalam rangka mewujudkan Pilkada Serentak Bebas Covid-19 2020.

Sementara, hasil uji swab untuk kasus kontak erat terhadap lima pasien kasus konfirmasi setelahnya masih menunggu hasil uji laboratorium dan sebagian masih dilakukan upaya tracking dan uji swab. "Kegiatan hari ini telah dilakukan uji swab terhadap 51 jiwa yang dipusatkan di Puskesmas Timpeh," ujarnya. 

Dia menambahkan, total tindakan uji swab oleh pihaknya hingga 19 Juli 2020 berjumlah sebanyak 2.342 orang dengan hasil 30 orang terkonfirmasi positif (+) terpapar virus Covid-19, 20 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 5 orang dalam proses isolasi mandiri, 3 orang dirawat di RSUD Sungai Dareh, 1 orang di gedung karantina SKB Pulau Punjung dan 1 orang dirujuk ke Semen Padang Hospital (SPH). 

Untuk pemeriksaan Rapid Diagnostik Test (RDT) sampai hari ini berjumlah sebanyak 5.251 orang dan menemukan hasil reaktif Covid-19 sebanyak 88 orang.  Pihaknya mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjalankan standar protokol kesehatan seperti menggunakan masker dengan benar, sering-sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

"Hindari berkumpul, tetap jaga jarak aman dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Kita belum menang melawan pandemi ini, tetap waspada dan patuhi segala arahan dan anjuran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Dharmasraya khususnya," katanya.

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dilaporkan telah melakukan upaya karantina terhadap satu orang pasien Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pulau Punjung. Pasien yang dikarantina adalah pasien 30 atas nama Tuan SA (25), warga asal Jawa Timur yang tanpa sengaja menularkan virus Covid-19.

"Dan telah terjadi transmisi lokal di kawasan Kecamatan Padang Laweh dengan jumlah total hingga hari ini sebanyak 5 kasus baru," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 11:58:40 WIB

    Pertumbuhan Pelaku UMKM di Dharmasraya Melaju Pesat

    Pertumbuhan Pelaku UMKM di Dharmasraya Melaju Pesat HARIANHALUAN.COM - Pertumbuhan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Dharmasraya mengalami pertumbuhan cukup pesat sejak empat tahun terakhir. Berdasarkan data pertumbuhan pelaku UMKM oleh dinas terka.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 11:10:28 WIB

    Dua Tenaga Pendidik Kembali Dilaporkan Positif Covid-19 di Dharmasraya

    Dua Tenaga Pendidik Kembali Dilaporkan Positif Covid-19 di Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat kembali mencatatkan dua kasus baru tenaga pendidik positif terpapar virus Covid-19, Sabtu (12/9/2020)..
  • Rabu, 09 September 2020 - 15:29:23 WIB

    Pemkab Dharmasraya Mulai Bagikan Dana BST Kabupaten

    Pemkab Dharmasraya Mulai Bagikan Dana BST Kabupaten HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mulai membagikan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari kas daerah itu, Rabu (9/9/2020). Pembagian ditunaikan langsung untuk dua tahap berturut-.
  • Senin, 07 September 2020 - 00:54:57 WIB

    Ratusan Layang-layang Terangi Langit Dharmasraya Minggu Malam

    Ratusan Layang-layang Terangi Langit Dharmasraya Minggu Malam HARIANHALUAN.COM - Seratusan lebih layangan dihiasi kerlipan lampu hias melayang serentak di malam hari pada kegiatan Festival Layang-layang yang digelar pemuda Jorong Lagan Jaya 1, Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang, Kabupat.
  • Selasa, 01 September 2020 - 16:28:00 WIB

    Status DPO, Oknum Anggota DPRD Dharmasraya Mangkir Sidang

    Status DPO, Oknum Anggota DPRD Dharmasraya Mangkir Sidang HARIANHALUAN.COM - Disebut-sebut melarikan diri atau DPO karena ditetapkan sebagai salah seorang tersangka kasus penganiayaan berujung hilangnya nyawa seseorang, seorang oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]